Pengertian Peraturan Perundang-undangan Nasional

Pengertian Peraturan Perundang-undangan adalah suatu aturan yang bentuknya tertulis dan dibentuk oleh lembaga negara atau pejabat yang berwenang dan mengikat secara umum (berlaku secara umum tanpa terkecuali). Sedangkan Pengertian Peraturan perundang-undangan nasional adalah aturan-aturan yang dibuat oleh lembaga negara yang mwmiliki wewenang, dan peraturan ini dibuat untuk dipatuhi oleh seluruh warga negara dan berskala nasional. Jadi peraturan ini berlaku untuk seluruh warga negara atau rayat Indonesia tanpa terkecuali. Semua rakyat Indonesia wajib mentaati peraturan yang telah dibuat, bila tidak atau melanggar maka berhak untuk dihukum sesuai dengan peraturan yang berlaku. Biasanya peraturan ini berisi aturan dalam berbagai bidang kehidupan.

Pengertian Peraturan Perundang-undangan Nasional
Pengertian Peraturan Perundang-undangan Nasional

Peraturan perundang-undangan nasional yang mengeluarkan adalah lembaga yang berwenang atau legislatif. Jadi didalamnya terdapat struktur atau tata perundang-undangan dalam sebuah negara. Peraturan perundang-undangan yang dikeluarkan oleh lembaga yang lebih rendah tidak boleh bertentangan (bertolak belakang) dengan perundangan-undangan yang dikeluarkan oleh lembaga yang lebih tinggi. Kalau bertentangan maka peraturan yang dikeluarkan oleh lembaga yang lebih rendah tidak berlaku, yang berlaku tetap yang lebih tinggi.

Semua peraturan perundang-undangan mempunyai sifat dan ciri ciri sebagai berikut : 
a. Wujud dari peraturan perundang-undangan adalah keputusan tertulis.
b. Peraturan perundang-undangan ini dibentuk, ditetapkan dan dikeluarkan oleh pejabat yang memiliki wewenang untuk membuat peraturan tersebut, baik uamg berada di tingkat darah maupun yang berada di tingkat daerah. 
c. Peraturan perundang-undangan isinya aturan pola tingkah laku
d. Peraturan perundang-undangan mengikat secara umum dan menyeluruh

" Sumber Hukum bagi pembentukan peraturan perundang-undangan Nasional " 

Definisi dari sumber hukum yaitu sumber yang dijadikan bahan untuk penyusunan peraturan perundang-undangan. Sumber hukum ini dapat di golongkan menjadi dua macam, yaitu sumber hukum tertulis dan sumber hukum tidak tertulis.

Pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum di negara kita (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Hal ini sesuai dengan Undang-undang R1 No 10 Tahun 2004 pasal 2 yang berbunyi : "Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum negara.

Ini juga sesuai dengan yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 yang menyatakan bahwa Pancasila adalah dasar negara dan ideologi negara, selain itu Pancasila juga sebagai dasar filosofis bangsa dan negara. Jadi semua peraturan perundang-undangan nasional tidak boleh bertentangan dengan PANCASILA. 

" Pentingnya Peraturan Perundang-undangan di Indonesia bagi Warga Negara "

Tentu peraturan dibuat karena memiliki fungsi dan tujuan tertentu, tidak dibuat hanya sebagai pelengkap saja. Tapi dibuat karena memang perlu adanya peraturan tersebut agar tercipta ketertiban, keamanan dan kenyamanan di lingkungan masyarakat. Di negara kita mempunyai banyak sekali aturan-aturan hukum, undang-undang sampai dengan norma-norma yang memang sejak dulu sudah berlaku di masyarakat.

Apa sih pentingnya peraturan perundang-undangan di Indonesia bagi Warga Negara? Berikut kami sebutkan 4 kegunaan atau fungsinya :
a. Peraturan dibuat dan diberlakukan agar tercipta ketertiban hidup bermasyarakat
b. Peraturan dibuat dan diberlakukan agar tercipta ketertiban hidup bernegara
c. Peraturan dibuat dan diberlakukan agar tercipta keadilan bagi warga negara
d. Memberikan kepastian hukum hak-hak warga negara
e. Memberikan perlindungan dan pengayoman bagi warna negara
Load disqus comments

0 comments