Pengertian Jaringan Komputer dan Tipe Tipenya

Kita Punya.net - Kali ini kami akan membahas tentang pengertian jaringan komputer, dan tipe tipe jaringan komputer. Judul Bab ini Sistem jaringan Internet dan Intranet. Bagi anda yang belum mengetahui definisi dari internet maupun intranet dapat membaca artikel berikut yang memiliki judul : Pengertian Internet.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer
Jaringan Komputer
Jaringan komputer yaitu suatu jaringan yang terhubung didalam sebuah kesatuan yang terdiri dari beberapa komputer, printer dan peralatan-peralatan yang lain sehingga dapat memungkinkan untuk digunakan bersama-sama.

Media pada jaringan komputer ini ada yang menggunakan kabel, ada juga yang menggunakan tanpa kabel. Dengan adanya jaringan komputer ini maka dapat memungkinkan pengguna saling bertukar informasi seperti data, dokumen, dapat melakukan percetakan pada printer yang sama, bersama-sama memakai hardware atau software yang terhubung dalam jaringan tersebut.

Dalam Jaringan komputer ada yang disebut dengan "NODE", node artinya setiap komputer ataupun perangkat-perangkat lain yang terhubung didalam suatu jaringan tersebut. Di dalam suatu jaringan node jumlahnya sangat banyak, dari dua, puluhan, ribuan, bahkan dapat mencapai jutaan jumlah node dalam suatu jaringan komputer.

Komputer-komputer dalam suatu jaringan, mungkin saja tidak satu tipe semuanya. Bisa saja terdiri dari beberapa tipe komputer, sistem yang digunakan pun juga berbeda-beda. Tidak ketinggalan aplikasi atau program yang terdapat pada masing-masing komputer juga tidak sama.

Akan tetapi dalam satu jaringan, semua komputer harus menggunakan protokol yang sama. Ini bertujuan agar masing-masing komputer dapat saling berkomunikasi dengan baik. Protokol yang menjadi standar internasional yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tipe-tipe Jaringan Komputer

Jaringan komputer terdapat beberapa macam, dan berikut ini adalah macam-macamnya :
1. Tipe jaringan komputer berdasarkan jangkauan wilayahnya
a. LAN (Local Area Network)
Adalah suatu jaringan yang hanya menjangkau satu gedung atau satu ruanng saja, sehingga hanya digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal dengan satu server utama
b. MAN (Metropolitan Area Network)
Adalah suatu jaringan komputer yang dapat menjangkau satu kota, jangkauannya lebih luas daripada LAN.
c. WAN (Wide Area Network)
Adalah jaringan komputer yang jangkauannya lebih luas dari MAN, jaringan ini server utamanya tidak hanya satu tapi ada beberapa. Masing masing server utama saling terhubung, dan setiap komputer yang terhubung ke jaringan akan dapat mengakses server tersebut. WAN ini jangkauannya sangat luas, bisa mencapai antar negara. 
d. Intranet (Interconected Networking)
Jaringan komputer yang paling luas, jangkauannya global atau seluruh dunia. Merupakan pengemabangan dari jaringan WAN. Baca lebih lanjut dalam artikel : Pengertian Internet dan Fungsinya

2. Tipe jaringan komputer berdasarkan metode koneksinya
a. Jarinagn Nirkabel
Definisi dari jaringan nirkabel adalah suatu jaringan yang tanpa menggunakan kabel, tetapi menggunakan gelombang radio sebagai media transfer datanya.
b. Jaringan Kabel
Kebalikannya dari jaringan nirkabel, jaringan kabel menggunakan kabel sebagai media transmisinya, kabel yang digunakan antara lain kabel optik, fiber optic (FO), STP (shielded twisted pari), dan UTP.

3. Tipe jaringan komputer berdasarkan metode distribusi data
a. Jaringan terdistribusi
b. Jaringan terpusat

4. Tipe jaringan komputer berdsarkan hubungan fungsionalnya
a. Jaringan Peer to Perr (P2P) Point-to-Point
b. Jaringan Client Server

Demikian artikel tentang pengertian jaringan komputer dan tipe-tipenya semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak.

Load disqus comments

0 comments