Pengertian Integrasi Nasional

Kita Punya.net - Pagi hari ini kami akan membahas tentang Integrasi Sosial yaitu tentang pengertian atau definisinya. Intregasi dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) mempunyai arti suatu pembaruan hinggan menjadi satu kesatuan yang utuh atau bulat. Integrasi dapat terjadi secara horizontal maupun secara vertikal. Sedangkan Integrasi budaya mempunyai arti suatu adaptasi (penyesuaian) antara unsur kebudayaan yang masing-masing berbeda sehingga mencapai suatu kesatuan fungsi dalam kehidupan di masyarakat.

Semua itu pada akhirnya akan sampa pada integrasi nasional yang memiliki pengertian yaitu suatu wujud keutuhan prinsip moral dan etika bangsa di kehidupan berbangsa dan bernegara. 

" Pengertian Integrasi Nasional Menurut Para Ahli "

Integrasi Nasional
Integrasi Nasional

1. Higgins
Menurut Higgins definisi dari integrasi nasional suatu proses penyatuan kelompok budaya dan sosial pada satu kesatuan wilayah dan identitas nasional. Semua itu mengarah pada pembentukan wewengan kekuasaan nasional atas unit-unit politik yang lebih kecil (kelompok sosial).

2. Dr Nazaruddin Sjamsuddin
Pengertian integrasi nasional menurut Dr Nazaruddin yaitu proses penyatuan suatu bangsa yang mencakup semua bidang kehidupan, seperti sosial, politik, ekonomi serta budaya. 

3. J. Soedjati Djiwandono
Menurut J. Soedjati integrasi nasional adalah suatu cara tentang bagaimana kelestarian persatuan nasional dalam arti yang luas dapat didamaikan dengan hak menentukan nasib sendiri. Hak tersebut perlu dibatasi pada suatu taraf tertentu. Apabila tidak maka dapat membahayakan persatuan nasional.

" Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Integrasi Nasional "

1. Homogenitas kelompok
2. Mobilitas geografis

Untuk mencapai integrasi nasional kuncinya adalah dengan menjaga keselarasan antarbudaya. Maka dari itu diperlukan peran serta partisipasi dari pemerintah untuk mewujudkan integrasi nasional terseut. Harus ada peranan pemerintah dan juga peranan masyarakat. Kedua-duanya juga harus salin bekerja sama agar integrasi nasional dapat terwujud.
Load disqus comments

0 comments