Pengertian Ilmu Ekonomi dan Pembagian Ilmu Ekonomi

Pengertian Ilmu Ekonomi dan Pembagian Ilmu Ekonomi - Dalam kehidupan sehari-hari kita melihat dan merasakan terjadinya peristiwa-peristiwa ekonomi dalam kehidupan masyarakat. Contoh, jika harga gabar kering naik maka petani akan berusaha untuk meningkatkan produksi gabah, dengan harapan akan mendapatkan keuntungan yang banyak. Contoh lain misalnya harga tomat akan naik, maka petani tomat akan senang dan bergairah untuk meningkatkan produksinya, degngan harapan mendapatkan keuntungan juga.

Ketika Indonesia terjadi kenaikan harga Bahan Bakar Minyak maka harga-harga pasar akan naik, harga angkutan umum juga akan naik dan lain sebagainya.

Masalah masalah ekonomi seperti diatas sejak dulu sudah ada semenjak ribuan tahun yang lalu. Namun demikian, ilmu ekonomi itu sendiri mulai berkembang semenjak terbitnya buku Adam Smith yang berjudul An Inquiry into The Nature and Causes of The Wealth of Nations.


Pengertian Ilmu Ekonomi
Pengertian Ilmu Ekonomi

1. Pengertian Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi itu cakupannya sangat luas meliputi bagaimana upaya masyarakat, baik nasional maupun internasional memenuhi kebutuhan dan mencapai kemakmuran. Dengan demikian, tidaklah mudah merumuskan definisi ilmu ekonomi yang tepat dan singkat. Namun, pada dasarnya ilmu ekonomi membahas dua hal yang sangat penting, yaitu sumber daya yang terbatas dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Karena dua hal ini adalah masalah utama ekonomi.

a. Sumber Daya yang terbatas
Sumber daya atau bisa juga disebut dengan faktor produksi, baik sumber daya alam (sda), sumber daya manusia (sdm), maupun sumber daya modal jumlahnya sangat terbatas. Hal ini mengharuskan adanya pengalokasian atau pemilihan yang tepat atas sumber daya tersebut.

b. Kebutuhan Manusia tidak terbatas
Kebutuhan manusian yang tidak terbatas ini disebabkan oleh pertambahan penduduk, perubahan teknologi, mode, perkembangan kebudayaan dan lain sebagainya.

Jadi, ilmu ekonomi itu timbul karena ada persoalan kebutuhan manusia terus bertambah dan cenderung tidak terbatas, sedangkan alat-alat untuk memenuhi kebutuhan berupa benda dan jasa terbatas jumlahnya. Sekiranya semua kebutuhan manusia dapat dipenuhi dengan mudah tanpa pengorbanan, mungkin ilmu ekonomi tidak diperlukan lagi, tetapi keadaan tersebut hanya khayalan saja.

Berdasarkan adanya persoalan pokok berupa keterbatasa atau kelangkaan ilmu ekonomi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari bagaimanan usaha manusia menggunakan faktor-faktor produksi atau pendapatan yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai kemakmuran.

Ada pula yang membuat definisi ilmu ekonomi dengan membahas asal kata ekonomi yang berasal dari bahasal Latin, yaitu oikonomia. Oiko atau oiku mempunyai arti rumah tangga, nomos artinya mengatur. Dalam perkembangan selanjutnya, ekonomi didefinisikan sebagai ilmu ekonomi yang mempelajari bagaimana mengatur rumah tangga. Dalam arti sempit rumah tangga memiliki arti ruma tangga keluarga dan rumah tangga masyarakat. Sedangkan bila diartikan secara luas, rumah tangga dapat berarti rumah tangga negara dan rumah tangga dunia.

Definisi lainnya diperoleh dengan memandang ilmu ekonomi dari segi kegiatan ekonomi sehingga ilmu ekonomi dirumuskan sebagai suatu studi bagaimana individu masyarakat, memilih, menggunakan sumber-sumber yang langka jumlahnya untuk memproduksi barang-barang dan jasa-jasa kemudian untuk yang didistribusikan kepada berbagai lapisan masyarakat guna memenuhi kebutuhan konsumsi. Pengertian ini lebih ditekankan kepada kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi. Ketiga kegiatan tersebut saling membutuhkan dan harus bekerja sama dalam meutar roda perekonomian yang efektif dan efisien.


Unsur unsur dalam ilmu ekonomi

Dari berbagai definisi tersebut terdapat prinsip yang sama, yaitu bahwa ilmu ekonomi mengandung unsur-unsur :
a. Adanya keterbatasan alat-alat pemuas kebutuhan
b. Adanya kebutuhan manusia yang terus meningkat dan cenderung tidak terbatas
c. Adanya kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan kebutuhan dan mencapai kemakmuran
d. Keharusan menggunakan pilihan dalam menggunakan alat pemuas kebutuhan

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ilmu ekonomi adalah bagian dari ilmu sosial yang mempelajari bagaimana usaha manusia yang menggunakan sumber-sumber yang terbatas jumlahnya untuk dapat memenuhi kebutuhan dan mencapai kemakmuran.

2. Peembagian Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi dibagi menjadi 3 bagian, yaitu menjadi teori ekonomi, ekonomi deskriptif, dan ekonomi terapan.

a. Teori Ekonomi
Definisi dari teori ekonomi adalah suatu konsep pemikiran yang didapat dari data-data yang ada dalam kehidupan ekonomi yang kemudian disusun, diolah dan dianalisis sehingga menjadi kesimpulan yang bersifat umum, Teori ekonomi menerangkan hubungan antara peristiwa-peristiwa ekonomi dan dirumuskan dalam hukum-hukum ekonomi. Teori ekonomi juga menjelaskan ciri ciri berbagai sistem ekonomi. Teori ekonomi dapat dibagi menjadi dua yaitu teori makro dan teori ekonomi mikro.

b. Ekonomi Deskriptif
Ekonomi deskriptif berguna untuk menganalisis keadaan yang sebenarnya dari sebuah perekonomian di suatu tempat/wilayah. Sebagai contohnya adalah tingkat pendapatan buruh di Bandung dan lain sebagainya.

c. Ekonomi Terapan
Definisi dari ekonomi terapan yaitu suatu cabang dari ilmu ekonomi mikro dan makro. Ekonomi terapan merupakan penerapan dari ilmu ekonmi yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah-masalah ekonmi yang ada di dalam masyarakat. Masalah-masalah tersebut contohnya : Inflasi, pengangguran bertambah, sempitnya lapangan pekerjaan, defisit anggaran dan lain sebagainya. 
Load disqus comments

0 comments