Pengertian Harga Pokok, Tujuan dan Macam macam Harga Pokok

Kemarin kita sudah membahas tentang pengertian harga dan jenis-jenisnya, yang mana macam-macam harga ada 4. Salah satunya adalah harga pokok. Api sih sebenarnya harga pokok itu? Berikut kitapunya.net | Berita unik jelaskan tentang harga pokok.

Pengertian Harga Pokok

Harga
Harga
Harga pokok merupakan masalah yang sangat penting di dalam berdangan (kegiatan jual dan beli barang). Pihak yang paling berkepentingan dengan harga pokok ini antara lain : pedagang dan produsen barang.

Maka dari itu, pihak-pihak ini perlu memahami hal hal yang berkaitan dengan harga pokok tersebut. Dalam bab ini akan dijelaskan perhitungan macam-macam harga pokok dan hal-hal yang                   berhubungan dengan perhitungan harga pokok. 

Harga pokok adalah nilai uang yang dikeluarkan untuk memproduksi suatu barang.

Tujuan Harga Pokok

Tinggi rendahnya harga pokok selalu menjadi sasaran bagi produsen  dan pedagang. Ada beberapa tujuan harga pokok yaitu sebagai berikut ini :

1. Menetapkan harga jual
Agar dapat menetapkan harga jual dengan tepat, maka sebelumnya harus diketahui harga pokoknya terlebih dahulu sehingga tidak terjadi kesalahan fatal yang membuat kerugian dalam berdagang.

2. Menetapkan keuntungan
Dengan harga pokok kita akan menentukan harga jual suatu barang, yang mana harga jual barang adalah jumlah dari harga barang dan keuntungan yang akan didapat jika barang tersebut laku terjual. Namun ini hanya keuntungan kotor (brato) atau keuntungan sebelum dikurangi biaya umum dan biaya penjualan, jadi belum keuntungan bersih.

3. Menetapkan dan Mengetahui Efisiensi Kerja
Jika harga pokok diketahui, dapat diukur pul efisiensi kerja bagian produksi. Hal ini terjadi apabila harga pokok terlalu tinggi, yang berarti efisiensi kerja masih kurang sehingga dapat ditetapkan perencanaan kerja yang lebih efisien lagi. Dengan menekan harga pokok, harga jualpun dapat ditingkatkan daya saing produk tertentu. 

4. Menetapkan kebijakan usaha yang penting
Hal ini dilakukan misalnya, dalam memilih sumber pembelian bahan baku atau barang dagangan, memilih mitra usaha atau mitra kerja, dan memilih tenaga kerja yang profesional.

Jenis dan Macam macam Harga Pokok

1. Perhitungan harga pokok berdasarkan jenis usaha
Perhitungan harga pokok timbul dari dua golongan atau jenis usaha, yaitu golongan pedagang atau penjual dan golongan produsen barang. Dari sisi lain diperoleh dua macam perhitungan harga pokok yaitu :
a. Perhitungan harga pokok untuk perdagangan
b. Perhitungan pokok untuk industri atau manufactur

2. Perhitungan Harga Pokok Berdasarkan Jumlah Jenis Barang
Perhitungan harga pokok juga dpat dibedakan dari jumlah jenis barang yaitu :
a. Perhitungan harga pokok tunggal (satu jenis barang)
b. Perhitungan harga pokok majemuk (lebih dari satu jenis barang).

Refensi : Tri Widarto dkk. 2004. Pengetahuan Sosial Ekonomi 2 SMP. Jakarta. Penerbit : Balai Pustaka
Load disqus comments

0 comments