Pengertian Harga, Fungsi dan Macam macam Harga

Kita Punya.net - Kali ini kami akan membahas tentang Pengertian harga, fungsi dan macam macam harga. Harga adalah nilai tukar suatu barang yang dinyatakan dengan uang. Dalam ilmu ekonomi harga pasar adalah harga keseimbangan yang disepakati oleh penjual dan pembeli. Dengan harga pasar, jumlah barang dan jasa yang diminta sama dengan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan.

Pengertian harga berbeda dengan pengertian nilai. Nilai adalah kemampuan suatu barang atau benda yang dapat memenuhi kebutuhan atau dipertukarkan dengan barang lain, sedangkan harga adalah nilai barang atau jasa yang dinyatakan dalam sejumlah satuan uang tertentu.

" Fungsi Harga "

Pengertian Harga, Fungsi dan Macam macam Harga
Pengertian Harga, Fungsi dan Macam macam Harga
Harga memiliki fungsi sebagai alat pengukur dan pembeda suatu barang. Sebagai contoh adalah, harga sebuah sepeda motor sama dengan harga 5 buah sepeda, yaitu Rp 10.000.000. Sehingga dapat dikatakan satu buah motor sama dengan 5 buah sepeda.

Harga juga sering dikaitkan dengan kualitas barang, semakin mahal suatu barang biasanya semakin baik kualitas barang tersebut. Dengan adanya harga tersebut maka kita dapat membedakan mana barang yang berkualitas, dan mana barang yang berkualitas kurang baik.


" Macam macam harga "

Ternyata harga juga terdapat macam-macamnya, harga dapat dibagi menjadi empat macam yaitu :
1. Harga subjektif
Harga subjektif adalah suatu harga yang asalnya dari taksiran seseorang. Setiap pembeli dan juga penjual mempunyai harga taksiran terhadap barang yang akan dibeli atau dijual. Jadi setiap orang berbeda-beda, dan mungkin tidak selalu sama atau tepat dengan harga pasarannya (harga sesungguhnya).

2. Harga objektif (harga pasar)
Seringkali kita menggunakan kata harga pasaran untuk menentukan harga suatu barang. Dan itu memang ada, harga objektif atau harga pasar adalah harga yang sebelumnya telah disepakati oleh kedua belah pihak, dalam hal ini pembeli dan penjual. Harga pasar disebut juga dengan harga yang umum, dan menjadi patokan bagi penjual-penjual yang ada di pasar. 

3. Harga pokok
Pengertian dari harga pokok adalah nilai uang yang dikeluarkan untuk memproduksi suatu barang.

Baca juga : Definisi pemasaran (marketing)

4. Harga jual 
Definisi dari harga jual adalah harga yang didapat dari jumlah harga pokok dengan laba atau keuntungan yang diinginkan oleh penjual. Meskipun harga harga yang ditawarkan tidak sama, secara keseluruhan di pasar akan terdapat suatu harga yang umum. Setiap penjual akan menyesuaikan diri dengan harga pasar.     


Load disqus comments

0 comments