Macam macam Sistem Ekonomi

Macam - macam sistem ekonomi - Setiap negara melakukan kegiatan ekonomi. Yang mana semua kegiatan ekonomi ini berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan warga negaranya, perkembangan warga negara, dan ketersediaan barang dan jasa. Masing-masing negara memiliki tata cara yang mengatur sistem perekonomian guna mencapai kemakmuran rakyat. Sistem ekonomi atau sistem perekonomian negara yang berlaku di suatu negera ditentukan oleh ideologi, kebudayaan, serta peerkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada pada negara tersebut.

Macam macam Sistem Ekonomi
Macam macam Sistem Ekonomi

1. Sistem Ekonomi Liberal (Ree Fight Liberalism)

Definisi dari sistem ekonomi liberal adalah sistem ekonomi yang mengutamakan kebebasan bertindak di bidang ekonomi bagi setiap warga negaranya. Sistem ekonomi liberal menginginkan campur tangan pemerintah sekecil mungkin.

Semua badan usaha dikuasai oleh swasta. Pemerintah hanya berfungssi sebagai pengarah, pembimbing, dan pemungut pajak.

Sistem ekonomi liberal banyak dianut oleh negara-negara Eropa Barat, seperti Inggris, Prancis, Belanda, dan negara-negara di Benua Amerika.

Ciri ciri sistem ekonomi liberal adalah sebagai berikut :
  • Semua kegiatan perekonomian sepenuhnya dilaksanakan oleh pihak swasta
  • Pihak swasta bebas dalam membuat atau memutuskan peraturan dalam kegiatan perekonomian
  • Pemerintah tidak ikut campur dalam kegiatan perekonomian yang dilaksanakan oleh pihak swasta, kecuali dalam urusan keluar atau antarnegara
  • Pemerintah hanya bertindak sebagai pengarah dan pembimbing

2. Sistem Ekonomi Sosialis (Etatisme)

Sistem ekonomi liberal menciptakan kesenjangan antara pemilik modal dengan kaum buruh, sehingga munculah sistem ekonomi sosialis. Sistem ekonomi sosialis menghendaki semua badan usaha dikuasai oleh negara. Swasta dan perseorangan tidak diizinkan memiliki badan usaha. Sistem ekonomi ini banyak digunakan di negara-negara berpaham sosialis, contoh Rusia, RRC (China) Ceko, Slovakia, Polandian dan Vietnam.

Ciri ciri sistem ekonomi sosialis antara lain :
a. Kegiatan perekonomian dilaksanakan sepenuhnya oleh pemerintah/negara
b. Kekayaan alam dan cabang-cabang produksi seluruhnya dikuasai oleh negara
c. Rakyat hanya sebagai buruh atau pekerja yang tidak memiliki hak kepemilikan
d. Peraturan dan kebijakan di bidang ekonomi sepenuhnya dibuat dan dikeluarkan oleh pemerintah/negara

Sistem ekonomi liberal dan sistem ekonomi sosialis tidak sesuai dengan pandangan hidup bangs Indonesia, yaitu Pancasila. Di Indonesia, kepentingan nasional dan kepentingan individu sama-sama dihargai. Hak milik  individu dan swasta di Indonesia selalu dikaitkan dengan kepentingan sosial atau kepentingan bersama.

3. Sistem ekonomi campuran

Sistem ekonomi campuran ini merupakan gabungan atau perpaduan antara sistem ekonomi liberal dengan sistem ekonomi sosialis.  Ciri ciri dari sistem ekonomi ini antara lain adalah :
a. Pemerintah dan swasta bersama-sama mengusahakan kegiatan perekonomian
b. Segala peraturan dan kebijakan dibuat secara bersama-sama

Sistem ekonomi model ini banyak dilaksanakan oleh berbagai negara yang disesuaikan dengan kondisi bangsa dan negara masing-masing. 

Selengkapnya bisa baca dalam artikel berikut ini : Macam-macam Sistem Ekonomi
Load disqus comments

0 comments