Macam - Macam Pasar dan Contohnya Lengkap

Kita Punya.Net - Setelah kita mengetahui fungsi pasar, maka pembahasan selanjutnya adalah tentang macam macam pasar. Jenis jenis pasar ini dapat dibedakan menjadi beberapa kategori, yaitu berdasarkan waktu pelaksanaannya, berdasarkan luang linkupnya, berdasarkan baranag yang diperjualbelikan dan berdasarkan jenis transaksinya. Oke tanpa berlama-lama langsung saja berikut ini uraiannya :

Pasar
Pasar

1. Macam macam pasar menurut waktu pelaksanaanya

Menurut waktu pelaksanaannya pasar dibedakan menjadi 4 macam, yaitu :

a. Pasar harian
Pasar harian adalah pasar yang berlangsungnya setiap hari, artinya tidak pernah tutup atau selalu buka. Penjual akan menjual dagangannya setiap hari, dan pembeli dapat membeli setiap hari pula. Karena bukanya setiap hari, umumnya barang yang dijual dibarang ini adalah kebutuhan-kebutuhan pokok manusia yang dikonsumsi atau digunakan sehari-hari.

b. Pasar mingguan
Pasar mingguan adalah pasar yang berlangsungnya setiap satu minggu sekali, pasar seperti ini banyak kita temukan di beberapa kota. Di jogja misalnya, sangat banyak contoh-contoh pasar mingguan seperti pasar wage, pasar kliwon, pasar legi, pasar pon dan pasar pahing. Di Jakarta juga ada pasar mingguan, yaitu pasar jumat dan pasar minggu. Biasanya yang dijual di pasar mingguan adalah barang-barang perabotan rumah tangga, hewan peliharaan, ikan, makanan dan barang-barang lainnya.

c. Pasar bulanan
Pasar bulanan adalah pasar yang berlangsungnya setiap satu bulan sekali. Umumnya barang yang diperjual belikan adalah barang-barang tertentu dan dalam jumlah banyak, dan yang membelinya bukan hanya konsumen saja akan tetapi pedagang juga ada yang membeli yang kemudian ia jual lagi di tokonya. Misalnya, pameran batu akik, lukisan, patung dan masih banyak lagi.

d. Pasar Tahunan
Seperti pasar-pasar sebelumnya, pasar tahunan dibuka setiap satu tahun sekali. Biasanya berlangsung di kota-kota besar di negara-negara di dunia. Barang yang diperjualbelikan bukan barang kebutuhan sehari-hari, tapi barang yang tidak semua orang butuh. Contohnya adalah mesin pada pabrik, mesin fotokopi, pameran mobil dan lain sebagainya. Selain itu juga pasar tahunan juga berguna untuk mempromosikan usaha yang baru diluncurkan dan masih banyak lagi. Sebagai contoh pasar tahunan ini adalah pasar sekaten di Yogyakarta, Pekan Raya Jakarta, dan Pekan Rya Hanover di Jerman.

2. Macam macam pasar menurut luas atau ruang lingkupnya

Berdasarkan luang lingkupnya pasar ini dibedakan menjadi 4 jenis yaitu sebagai berikut :

a. Pasar Setempat
Pasar yang satu ini merupakan pasar yang berada di suatu daerah dan pedangan/pembeli yang terdapat di pasar tersebut adalah warga daerah tersebut. Jadi pasar ini kebanyakan digunakan oleh anggota masyarakat yang meliputi daerah tertentu. Barang yang diperjual belikan umumnya kebutuhan pokok sehari-hari dan juga makanan, kebanyakan barang yang tidak bisa tahan lam. Sebagai contoh dari pasar setempat adalah : pasar tempel, pasar sleman, pasar godean dan pasar prambanan.

b. Pasar Daerah
Hampir sama dengan pasar setempat, namun ruang lingkupnya pasar yang satu ini lebih luas yaitu kabupaten/kota dan juga provinsi. Pasar ini biasanya sangat terkenal dan pasarnya besar, terkadang juga menjadi salah satu ikon di daerah tersebut. Contoh pasarnya adalah : Pasar Beringharjo di Yogyakarta, Pasar Klewer di Solo, dan juga Pasar Johar di Semarang.

c. Pasar Nasional
Setelah pasar setempat dan pasar daerah, maka pasar menurut ruang lingkupnya yang ketiga adalah pasar nasional. Pasar ini ruang lingkupnya jelas lebih luas dari kedua pasar sebelumnya. Pasar ini meliputi wilayah suatu negara tertentu. Sebagai contoh dari pasar nasional ini adalah : Pasar uang dan pasar modal BEJ (Bursa Efek Jakarta).

d. Pasar Internasional
Jenis pasar yang satu ini biasanya pedagang dan pembelinya berasal dari seluruh dunia. Contoh dari pasar ini misalnya pasar tembakau di Bremen (Jerman), pasar karet di New York, pasar kopi di Santos dan pasar intan di Amsterdam.

3. Macam macam pasar menurut barang yang diperjualbelikan
Berdasarkan barang yang diperjualbelikan jenis pasar ada dua yaitu :
a.  Pasar sumber daya produksi
Pasar ini memperjual faktor-faktor produksi. Contoh : bursa efek tenaga kerja dan bursa efek.

b. Pasar barang konsumsi
Pasar ini memperjual belikan barang-barang pokok yang dibutuhkan oleh masyarakat setiap harinya.

4. Macam macam pasar berdasarkan jenis transaksinya

Berdasarkan jenis transaksinya pasar dibedakan menjadi dua macam yaitu :
a. Pasar konkret
Jenis pasar ini penjual dan pembeli langsung bertemu untuk berjaul beli, barang juga dapat dilihat dan pembeli langsung membayar kalau ingin membeli barang tersebut.

b. Pasar abstrak
Pasar ini barang dan jasa yang diperjualbelikan tidak ada di tempat. Pedagang hanya memberikan contoh atau gambar kepada calon pembeli. Akan tetapi barang tersebut sudah dijamin kualitasnya. Pasar abstrak ini juga disebut dengan pasar bursa. Contohnya seperti pasar atau toko online yang sekarang ini sedang booming.

Baca juga :

Demikian macam-macam pasar dan contohnya lengkap. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih
Load disqus comments

0 comments