Fungsi Pasar : Distribusi, Promosi dan Pembentukan Harga

KitaPunya.net - Kami akan membehas tentang Fungsi pasar yang jumlahnya ada 3 yaitu fungsi distribusi, fungsi promosi dan fungsi pembentukan harga. Pasar menurut pengertian ekonomi memiliki definisi sebagai hubungan antara penjual dan pembeli dalam kaiatannya dengan tawar menawar barang ataupun jasa.

Pasar adalah bagian yang sangat penting dalam hal perniagaan, adanya pasar ini memungkinkan seseorang sebagai konsumen akan lebih mudah untuk memenuhi kebutuhannya, bagi produsen juga demikian semakin lebih mudah dalam memasarkan produksinya. Produsen juga menjadi lebih mudah dalam menemukan bahan baku yang akan diproduksi.

Fungsi pasar dibagi menjadi 3, yaitu fungsi distribusi, fungsi promosi dan fungsi pembentukan harga. Dan berikut ini adalah penjelasan dari ketiga fungsi diatas.

Pasar
Pasar


1. Fungsi Pasar sebagai Distribusi

Fungsi pasar yang pertama adalah fungsi distribusi. Pasar memberikan kontribusi yang sangat besar dalam hal memperlancar pendistribusian barang-barang dari produsen ke konsumen. Contoh barang-barangnya seperti kebutuhan pokok, alat-alat, dan masih banyak lagi (semua barang yang dapat anda temukan barangnya di toko/pasar). Pasar juga dapat menjadi tempat bertemunya produsen dengan konsumen, sehingga kedua-duanya diuntungkan berkat adanya pasar. Produsen tidak perlu repot-repot mencari konsumen, karena konsumen yang akan datang. Dan begitu pula konsumen tidak perlu repot mencari-cari produsen, karena produsen pasti berada di pasar. Kelancara proses distribusi juga dipengaruhi oleh kondisi dari pasar, distribusi akan lancar apabila pasar berfungsi dengan baik.

2. Fungsi Pasar sebagai Promosi

Fungsi pasar yang kedua adalah sebagai proosi. Pasar ini dapat dijadikan tempat oleh produsen untuk memperkenalkan (memasarkan) hasil produksi mereka. Di pasar ini para produsen akan saling bersaing, dan merebut hari konsumsen. Tujuan utama dari promosi adalah agar para konsumen mengetahui barang yang kita produksi, sehingga mereka mau untuk membeli barang kita. Biasanya pasar yang dijadikan sebagai promosi ini adalah pasar-pasar tertentu seperti pameran atau yang lainnya.

3. Fngsi sebagai pembentukan harga

Fungsi pasar yang ketiga adalah sebagai pembentukan harga. Di pasar ini para produsen akan menawarkan kepada konsumen barang yang mereka produksi. Dan biasanya terjadi penawaran antara pembeli dengan penjual. Jika mereka sudah sepakat terkait dengan harga, uang akan diterima oleh produsen dan barang/jasa yang dibeli akan diterima pembeli. Dalam proses tawar menawar ini produsen akan memberikan harga minimalis pada produknya, jadi akan tetap untung. 

Load disqus comments

0 comments