Faktor faktor Yang Mempengaruhi Permintaan

Kita Punya - Setelah membahas tentang pengertian, hukum dan kurva permintaan, selanjutnya kita akan membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan. Definisi dari permintaan adalah suatu kesediaan pembeli untuk membeli barang dan jasa pada berbagai tingkat harga dalam waktu tertentu. Permintaan ini tidak selalu sama setiap saatnya, kadang permintaan tinggi dan kadang pula permintaan rendah. Nah yang menyebabkan tidak tetapnya permintaan ini disebabkan oleh beberapa hal, beberapa hal inilah yang disebut dengan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan.Oke, langsung saja berikut adalah uraian dari kami :

" Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan "

Faktor faktor Yang Mempengaruhi Permintaan
Faktor faktor Yang Mempengaruhi Permintaan

1. Intensitas Kebutuhan
Faktor yang mempengaruhi permintaan yang pertama adalah intensitas keburuhan. Apabila kebutuhan akan suatu barang itu tidak terlalu penting atau tidak terlalu mendesak, maka permintaan terhadap barang tersebut akan turun. Tetapi sebaliknya, apabila intensitas kebutuhan akan barang dan jasa itu sangat penting (sangat mendesak), maka permintaan barang/jasa tersebut akan meningkat.

Untuk lebih jelasnya baca contoh dibawah ini :
Pada saat menjelang idul fitri, banyak orang yang membutuhkan makanan dan bahan pokok. Sehingga permintaan akan makanan dan bahan-bahan pokok tersebut akan mingkat. Di sini dapat kita lihat, bahwa pada saat saat tertentu (saat dibutuhkan barang/lainnya) seperti menjelang idul fitri (intensitas kebutuhan) meningkat, maka permintaan akan barang dan jasa juga akan meningkat. Nanti akan berpengaruh juga pada harga, seperti yang terjadi saat ini. Setiap menjelang idul fitri harga bahan-bahan pokok pasti ada yang meningkat. Bahkan bisa meningkat hingga 2 kali lipatnya atau lebih.

2. Daya Beli atau Pendapatan Masyarakat
Faktor yang mempengaruhi permintaan yang kedua adalah tingkat daya beli masyarakat dan juga pendapatan masyarakat. Definisi dari tingkat daya beli masyarakat adalah kemampuan dari masyarakat atau konsumen untuk membeli suatu barang/jasa sesuai dengan tingkat kebutuhan masyarakat tersebut. Semakin besar tingkat daya beli masyarakat, permintaan akan semakin besar pula, dan juga sebaliknya. 

Tingkat daya beli masyarakat ini dipengaruhi oleh beberapa hal, misal saja beberapa waktu yang lalu akibat kurs rupiah melemah terhadap dollar, maka harga barang-barang impor meningkat. Tingkat daya beli masyarakat menurun, permintaan pun juga ikut menurun.

Tingkat daya beli masyarakat juga dipengaruhi oleh besar kecilnya pendapatan masyarakat, tentu semakin besar pendapatan masyarakat maka tingkat daya beli masyarakat tersebut juga akan meningkat.

3. Selera konsumen
Faktor yang mempengerahui permintaan yang ketiga adalah selera konsumen. Maksudnya apabila suatu barang atau jasa sesuai dengan selera dan pas di hati masyarakat atau sesuai dengan trend maka permintaan akan meningkat dan begitu juga sebaliknya. 

Misal saja : Beberapa waktu yang lalu di Indonesia terjadi demam K-Pop, pada saat-saat ini selera konsumen mengarah ke K-Pop seperti baju, celana dan sepatu. Permintaan barang pun akan meningkat. Tapi mungkin permintaan baju baju dangdut menurun, karena selera masyarakat terhadap baju dangdut juga menurut.

4. Harga barang substitusi dan barang komplementer
Faktor yang mempengaruhi permintaan yang selanjutnya adalah harga barang substitusi dan juga barang komplementer. Apabila harga barang substitusi menurun maka permintaan barang lain akan menurun juga. Sebagai contoh, apabila harga teh turun, maka permintaan terhadap kopi akan turun disebabkan orang akan berpindah dari minum kopi ke minum teh. Jadi permintaan teh meningkat, dan permintaan kopi menurun.

Berbeda dengan barang komplementer, barang komplementer ini tercipta hubungan yang positif. Itu artinya apabila harga barang pelengkap atau komplementer itu meningkat, maka permintaan akan barang tersebut akan turun pula. 

Sebagai contoh, bensin adalah barang pelengkap dari mobil. Apabila harga bensin meningkat tajam maka permintaan mobil dan motor yang menggunakan bahan bakar bensin akan turun. Jadi, jika harga bensin itu naik, maka permintaan mobil akan turun mengikuti penurunan konsumsi bensin. 
Load disqus comments

0 comments