8 Planet Di Alam Semesta Beserta penjelasannya

8 Planet Di Alam Semesta. - Di Jagat raya kita ini, banyak sekali Planet. Jangankan Planet, Galaksi aja sudah bisa mencapai Miliyaran. 1 Galaksi terdapat banyak sekali Planet Planet, Kita tinggal di galaksi bima sakti, disitu aja banyak sekali planet apa lagi di jagat raya. Planet planet yang ada di galaksi bimasakti yang perlu kita ketahui ada 9 planet. yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, Pluto. Sebenarnya pluto telah dianggap tidak salah satu planet, karena mengingat ukuran pluto yang kecil. Hampir menyerupai Astreoid. Sekarang saya akan menjelaskan tentang 8 planet yang ada di galaksi bima sakti ini.

8 Planet Di Alam Semesta.

8 Planet Di Alam Semesta.
8 Planet Di Alam Semesta.
Merkurius
Merkurius merupakan planet terdekat dengan matahari. Planet ini mempunyai suhu -180' sampai 430' Celcius. Merkurius memiliki banyak kawah dan tidak memiliki satelit alami. Revolusi Merkurius mencapai 88 hari dan berotasi 59 hari. Planet terkecil kedua setelah pluto ini menyerupai seperti bulan.
  
Venus
Venus merupakan planet kedua setelah Merkurius dari matahari. Planet ini merupakan planet terpanas, walaupun letaknya yang kedua, tetapi suhu permukaan Planet ini mencapai 462' Celcius. Permukaan venus sangatlah beda dengan Atsmosfir bumi, Venus memiliki atsmosfer yang terdiri dari 96,5% Karbondioksida dan 3,5% Nitrogen. Merukurius memiliki Rotasi selama 243 hari dan periode revolusinya 225 hari.

Bumi
Bumi merupakan Planet yang kita tinggali sekarang. Kenapa planet ini bisa digunakan untuk tempat tinggal? yaa karena di bumi ini mengandung Oksigen dan Air yang cukup. Di bumi juga mempunyai suhu yang normal, Tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin pula. Bumi mengalami rotas selama 24jam dan mengalami revolusi selama 365 hari.

Mars
Mars disebut sebut merupakan Planet yang mirip dengan bumi. Planet ini mempunyai suhu antara -87' Celcius sampai -5' Celsius. Mengapa Mars merupakan planet yang hampir mirip dengan bumi? karena di planet ini ditemukan jejak jejak Oksigen dan Air. Periode Revolusi planet ini 687hari. dan Periode Rotasinya adalah 25,26 jam.

Jupiter
Jupiter merupakan Planet terbesar di antara 8 planet ini. Jupiter juga disebut planet luar, karena letak planetini luar dari asteroid. Planet ini juga sering mengalami badai. Suhu permukaan di jupiter adalah -161' Celsius. Yang menyebabkan suhunya rendah adalah jarak antara planet jupiter dan Matahari sangatlah jauh. Jadi kemungkinan untuk hangat sulit. Periode Rotas planet ini 10jam. dan Periode Revolusinya selama 11,86 tahun di bumi.

Saturnus
Saturnus merupakan planet terbesar kedua di tata surya kita. Planet ini mempunyai ciri khasnya yaitu Cincin yang mengelilingi planet ini. Rotasi dari planet ini hanya 10jam 40 menit. Dan periode revolusinya adalah 29,46 tahun. dan di planet ini memiliki suhu -164' Celcius. Planet ini merupakan planet yang sangat indah.

Uranus
Uranus merupakan planet yang berada di urutan ke 7 dari matahari. Suhu rata rata di planet ini mencapai -220' Celcius. Periode revolusi planet ini adalah 84,3 tahun di bumi. dan Untuk berotasi membutuhkan waktu 17 jam.

Neptunus
Neptunus merupakan planet yang terakhir di tata surya kita. Planet ini mempunyai Suhu rata rata -217' Celcius. Periode revolusi planet ini adalah 164,8 tahun. dan berotasi selama 16 jam 6 menit. Planet ini juga memiliki keindahan yang tak kalah dengan planet Uranus dan Saturnus.

Kenapa saya tidak memasukan planet Pluto?? karena planet ini menyerupai Asteroid dan sudah tidak disebut planet lagi.
Load disqus comments

0 comments