Tips menyisihkan gaji agar masa depan terjamin


Tips menyisihkan gaji agar masa depan terjamin - Orang yang baru gajian pertama kali biasana tidak terkendali dalam menggunakan gajinya, untuk beli inilah, itulah rasanya semua ingin dibeli. Nah, kalau gaya hidup anda seperti ini kira kira kalau anda dipecat dari pekerjaan anda gimana? Apakah anda tidak pusing, kalau anda tidak punya tabungan atau uang cadangan. Jadi usahakan setiap bulannya menyisihkan uang sedikit untuk ditabung agar masa depan anda lebih terjamin. Ingat pepatah, sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit, hemat pangkal kaya boros pangkal miskin.
Ha ha, jadi menabung itu penting. Tapi seringkali niatnya sudah menyisihkan uang ditabung, tapi pada akhirnya kepepet dan uangnya diambil deh buat jajan. Begitu seterusnyam, nah KitaPunya.net - Berita Unik mempunyai tips ni agar bisa menyisihkan gaji untuk ditabung. Dan berikut ini tips menyisihkan gaji agar masa depan terjamin.

Tips menyisihkan gaji agar masa depan terjamin

Tips menyisihkan gaji agar masa depan terjamin
Tips menyisihkan gaji agar masa depan terjamin



1. Dipaksa dan dibiasakan
Anda harus memaksa diri anda sendiri, intinya anda harus menyisihkan berapa persen dari gaji anda untuk ditabung. Dan itu tidak boleh diganggu gugat, bagaimanapun resikonya. Kecuali ada urusan yang sangat mendesak. Kemudian, anda biasakan itu tiap bulan, jangan bulan ini menyisihkan, bulan depannya tidak, bulan depannya lagi menyisihkan dan seterusnya. Jadi harus dipaksa dan dibiasakan.




2. Buat 2 rekening tabungan

Tips yang kedua adalah buat rekening ganda, yang satu khusus untuk menabung dan yang satunya bebas mau diapain. Tapi ingat anda juga harus konsekuen seperti no 1 diatas, dipaksa dan dibiasakan. 



3. Ditabungnya 30 persen

Kalau anda belum punya istri dan anak saya yakin kebutuhan anda sehari-hari tidak banyak, sehingga kalau menyisihkan 30 persen saja untuk ditabung saya yakin bisa. Kalau terlalu besar, bolehlah 20 persen. Yang pasti jangan dibawah 10 persen, pelit amat.



4. Jangan lupa berbagi ke orangtua dan sesama

Selain ditabung anda juga perlu investasi amal, yaitu dengan memberi sebagian uang kepada orang tua atau kepada orang yang membutuhkan. Kalau anda melakukan ini, rizeki anda akan lebih berkah dan akan dilipatgandakan oleh Alllah swt. Lagipula, orangtua aan mendoakan anda supaya rezeki tambah lancar, ingat doa orangtua itu mustajab.



5. Jangan banyak jajan

Ya, seringkali kalau sudah punya gaji bawaannya pingin jajan terus. Sebaiknya anda kurangi perilaku konsumtif seperti ini, lebih baik gunakan uang dengan sebaik-baiknya. Akan lebih baik bila ditabung atau sangat baik bila diinvestasikan. Contoh, buat beli emas dll.



6. Budayakan irit

Irit sama pelit itu beda, kalau irit itu mengeluarkan uang dengan bijak. Sedangkan pelit, ya pelit,, iya pelit. Jadi jangan budayakan hidup boros, tapi budayakan hidup irit. 



7. Lebih baik kehilangan masa muda daripada kehilangan masa depan

Ingat kata bijak ini, kalau saya lebih baik kehilangan masa muda artinya masa muda saya gunakan untuk kerja yang banyak menghasilkan fulus sedikit menggunakan fulus, bukan sedikit menghasilkan fulus tetapi banyak menggunakan fulus. Intinya anda harus menggunakan fulus dengan sangat bijak, tidak buat berfoya-foya atau menghabiskan uang sebanyak-banyaknya, tetapi digunakan untuk ditabung buat masa depan. 
Load disqus comments

0 comments