Sejarah Internet dan Perkembangan Internet

Kitapunya.net, Informasi yang akan kami share kali ini adalah tentang Sejarah Internet dan Perkembangan Internet yang mana artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya tentang pengertian dan fungsi internet. Internet merupakan kepanjangan dari Interconnected networking yang dapat diartikan sebagai jaringan komputer seluruh dunia yang membentuk suatu sistem jaringan informasi global (seluruh dunia).

Sejarah Internet dan Perkembangan Internet

Internet
Internet

Sejarah internet dimulai pada tahun 1969 yaitu ketika U.S. Defense Advance Project Agency (DARPA) yang merupakan departemen pertahanan Amerika mengadakan suatu penelitian tentang bagaimana cara menghubungkan beberapa komputer dan membentuk sebuah jaringan organik. 

Program atau penelitian ini pada waktu ini diberi nama ARPANET. Satu tahun kemudian atau pada tahun 1970 misi tersebut berhasil menghubungkan 10 komputer, 10 komputer tersebut terhubung satu sama lain membentuk sebuah jaringan sehingga mereka bisa berkomunikasi satu sama lain.

2 Tahun setelah itu (1972) seorang ahli yang menciptakan email pada tahun sebelumnya (1971) berhasil menyempurnakan e-mail ciptaannya. Program email yang telah disempurnakan tersebut pengoperasiannya lebih mudah dan seketika menjadi populer kala itu.

Pada tahun yang sama icon @ digunakan sebagai lambang penting yang menunjukan "at" atau "pada". Setiap email pasti ada lambang @ nya kan?

Kemudian di tahun 1973, di luar Amerika Serikat juga mulai mengembangkan jaringan komputer ARPANET. Komputer pertama yang berada di AS adalah di University College di London dan menjadi anggota jaringan Arpacap.

Masih di tahun 1973, dua orang ahli komputer yang bernama Bob Kahn dan Vinton Cers mempunyai gagasan yang lebih besar, dan inilah awal mulanya pemikiran internet.

Mereka mempresentasikan gagasan tersebut di Universitas Sussex. Pada tanggal 26 Maret 1976 Ratu Inggris berhasil mengirimkan email pertamanya dari Royal Signals anda Radar Establishment di Malvern. Satu tahun setelah itu terdapat lebih dari 100 komputer yang menyatakan bergabung dengan ARPANET yang manjadi sebuah satu jaringan.

Beberapa tahun setelah itu lebih tepatnya pada tahun 1981 seorang ahli bernama Telecom meluncurkan telepon televisi untuk pertama kalinya, telepon televisi ini memungkinkan seseorang dapat menelpon sambil berhubungan dengan video link.

Semakin lama semakin banyak yang memiliki komputer dan bergabung membentuk suatu jaringan, karena semakin banyak itulah maka dibutuhkan protokol resmi yang diakui untuk mengidentifikasi komputer.

Satu tahun kemudian terciptalah Internet Protocl (IP) dan Transmission Control Protocol (TCP), di lain tempat terdapat jaringan komputer tandingan yang diketahui bernama Eune, jaringan ini muncul di Eropa. Jaringan ini dikhusukan untuk komputer yang berada di negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia.

Pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain yang berfungsi untuk menyamakan alamat di jaringan komputer ada. Sistem nama domain ini lebih kita kenal sebagai DNS (Domain Name System).

Perkembangan jaringan ini begitu cepat, pada waktu itu sudah ada 1000 komputer lebih yang terhubung dengan jaringan yang ada.  Bahkan beberapa tahun kemudian di tahun 1987 jumlah komputer yang ada pada jaringan tersebut meningkat tajam hingga mencapai 10.000 komputer lebih. 

Load disqus comments

0 comments