Pengertian URL, Fungsi dan Kepanjangan URL

Pengertian URL, Fungsi dan Kepanjangan URL (Uniform Resource Locator) - Bagi kalian yang hobi berselancar didunia maya pastu sudah tidak asing lagi dengan istilah URL. Tapi, apakah kalian mengerti apa itu URL. Nah untuk menjawab ketidaktahuan Anda, kali ini saya akan berbagi sebuah informasi menarik yang sayang bila Anda lewatkan, yang akan kita bahas kali ini adalah pengertian url.

Pengertian dan Kepanjangan URL

URL (Uniform Resource Locator)
URL (Uniform Resource Locator)

URL singkatan dari Uniform Resource Locator adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet (sumber wikipedia).

URL sangat erat sekali dengan perkembangan sejarah internet pada masa silam. Nah siapa sih penemu URL tersebut?

URL ditemukanoleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Tujuan utamanya menciptakan URL adalah supaya pada penulis dokumen dapat merujuk pranala ke World Wide Web. Nah istilah tersebut berganti menjadi URI (Uniform Resource Identifier) pada tahun 1994 sebagai hasil pengembangan dari URL sebelumnya. Tapi walaupun begitu, istilah yang umum digunakan hingga sekarang adalah URL.

URL memperlihatkan bagaimana sumber daya internet atau alamat sebuah laman web ditampilkan dalam browser. Secara umum perlu memasukkan 3 informasi untuk menuju ke alamat tertentu yaitu:

1. Protokol
2. Alamat Server
3. Path FIle

Pasti kalian sudah tahukan kalau setiap alamat web didahului dengan protokol misalnya http:// atau https://. Protokol adalah bagian yang memiliki fungsi untuk berkomunikasi dengan Hypertext Transfer Protocol. Bagian kedua dari URL merujuk pada alamat server dimana sumber daya tersebut terletak. Nah bagian terakhir adalah Path file yaitu menunjukkan lokasi dan nama dari sebuah data atau dokumen.

Ada beberapa tipe dari URL itu sendiri, yaitu Absolute URL dan Relative URL. Absolute URL adalah alat lengkap yang menyertakan domain pada jaringan yang tepat, direktori di dalam domain, dan file di dalam direktori. Relative URL menentukan suatu alamat berdasarkan URL yang aktif pada saat itu.

URL merupakan sebuah mekanisme untuk mengecek data-data pada web, SSL, atau server FTP, juga termasuk protokol layer aplikasi yang bisa membuat suatu perminataan kepada server. Banyak orang terutama hacker memanfaatan URL untuk meretas suatu website. Untuk itu, perlu sebuah pengamana yang ketat untuk mencegah terjadinya pencurian data-data penting dari suatu website.

Fungsi Umum dari URL


Nah bagi yang sudah mengerti pengertian URL, sekarang kalian tahu nggak apa sih fungsi URL itu? Jawabannya ada dibawah ini.

Berikut beberapa fungsi dari URL, silahkan dipahami.

1. Untuk mengidentifikasi suatu data yang ada pada web.
2. Untuk menamai data atau dokumen yang terdapat pada web tersebut.
3. Untuk memberikan alamat dari setiap dokumen yang terdapat pada web.
4. Untuk mempermudah kita dalam mengakses data dari suatu web.
5. Untuk mempermudah dalam mengingat alamat dokumen yang ada dalam suatu web.

Baca juga : Pengertian HTTP dan Pengertian HTML

Itu dia fungsi dari URL. Nah sekian artikel dari saya, apabila ada beberapa kata yang salah saya mohon maaf. Sekian dari saya dan Terima Kasih.
Load disqus comments

0 comments