Pengertian Pers, Fungsi dan Peranan Pers

Pengertian Pers, Fungsi dan Peranan Pers - Salah satu materi pendidikan kewarganegaraan SMK semester 2 adalah PERS. Pada pagi ini kami kitapunya.net - berita unik akan share tentang pengertian pers, fungsi dan peranan pers. Negara kita adalah negara demokrasi, yang mana salah satu ciri dari negara demokrasi adalah kebebasan untuk berkerspresi. Yang mana kebebasan untuk bereksprei ini dapat diwujudkan dalam berbagai hal. Salah satunya adalah memberikan opini melalui media cetak, media cetak untuk beropini inilah yang biasa kita sebut sebagai Pers. Oke, untuk lebih memahami berikut ini kami jelaskan tentang pengertian pers, fungsi dan peranan pers.
Pengertian Pers, Fungsi dan Peranan Pers
Pengertian Pers, Fungsi dan Peranan Pers

A. PENGERTIAN PERS

1. Pengertian pers dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia (KUBI)
Di dalam KUBI  pers mempunyai arti (1) alat untuk mencetak buku atau surat kabar. Selain itu juga mempunyai arti sebagai (2) alat untuk menjepit, memadatkan. (3) Surat kabar dan majalah yang isinnya berita, (4) orang yang bekerja di perusahaan yang berhubungan dengan surat kabar atau media cetak lainnya.

2. Pengertian pers dalam Ensikopedia Pers Indonesia
Menurut EPI pers adalah sebutan bagi penerbit atau perusahaan ataupun kalangan yang berhubungan dengan media massa atau wartawan. Pers adalah segala barang yang dikerjakan dan dicetak menggunakan mesin cetak.

3. Pengertian pers menurut Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang pers
Dalam UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers, disebutkan bahwa definisi dari pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang dilaksanakan kegiatan jurnalistik. Contoh kegiatan jurnalistik antara lain meliput mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia.

4. Pengertian pers dalam Leksikon Komunikasi
Dalam Leksikon Komunikasi terdapat beberapa poin tentang pengertian pers. Dan berikut ini adalah poin poin tentang pengertian pers :

  • Usaha percetakan dan penerbitan
  • Usaha pengumpulan dan penyiaran (menyebarluaskan) berita
  • Menyebarluaskan berita melalui surat kabar, majalah, radio dan juga televisi. 
Dalam arti sempir pers ini mempunyai definisi yaitu surat kabar dan juga majalah, sementara dalam arti yang luas pers mempunyai arti sesuatu yang menyangkut atau berhubungan dengan media massa seperti (surat kabar, radio, telebisi, film, internet dll).

Salah satu kebutuhan manusia yang juga penting adalah informasi, informasi ini diperlukan agar kita mengetahui perkembangan di sekeliling kita, tanpa informasi mungkin kita akan menjadi orang-orang yang tertinggal. Informasi ini dapat kita dapatkan dari koran, radio, televisi, internat, majalah dan lain sebagainya. Informasi yang disampaikan dapat berupa gambar, tulisan, video, atau bentuk bentuk lainnya.

Berdasarkan jenis salurannya pers ini dapat dibagi menjadi dua yaitu media cetak dan media elektronik. Media cetak seperti surat kabar, majalah, buku, dll. Sementara untuk media elektronik seperti radio, televisi dan internet.

Yang menjadi sasaran media massa adalah massa atau orang-orang. Massa ini bisa dibagi menjadi beberapa hal seperti lokal, nasional atau internasional.

Untuk mendapatkan informasi diperlukan proses proses yang lumayan panjang, dari mencari sampai nantinya mengumpulkan menjadi sebuah tulisan yang siap disebarluaskan. Proses tersebut disebut dengan junalistik. 

Kegiatan inti dalam media massa disebut dengan jurnalistik. Media massa sangat penting bagi masyarakat, karena dengan adanya media massa masyarakat menjadi lebih mudah mendapatkan informasi. Entah itu informasi politik atau informasi-informasi penting lainnya. 

Dalam masyarakat manapun baik di itu yang terdapat di dalam negara maju ataupun yang terdapat di negara berkembang seperti Indonesia ini kehadiran dari media massa pasti tidak terlepas dari adanya lembaga sosial. Lembaga yang merupakan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik inilah yang kemudian dikenal sebagai pers. Pers ini bisa menyangkut segala media massa yang memenuhi kepentingan informasi masyarakat.
 
Pers mempunyai dua posisi yang penting, yaitu yang pertama adalah sebagai kegiatan jurnalistik dan posisi yang kedua adalah sebagai lembaga sosial. 

B. FUNGSI PERS 

Di negara kita sudah diatur tentang kebebasan mengemukakan pendapat, dan memang mengemukakan pendapat itu sangat penting dan tidak hanya sekadar di bidang politik saja. Melainkan di segala bidang, kebebasan berpendapat juga berkaitan dengan kebebasan memberikan informasi atau menyebarluaskan informasi melalui media massa. 

Pada pasal 19 DUHAM menyatakan bahwa "setiap orang memiliki hak atas kebebasan berpendapat dan menyampaikan pendapat". Hak ini mencakup kebebasan untuk berpendapat tanpa diganggu gugat dan seseorang bebas berpendapat melalui media apapun, entah itu media cetak atau media elektronik.

Kebebasan pendapat ini berarti juga kebebasan pers. Pers dalam negara mempunyai peran yang sangat penting, pers berguna sebagai penghubung informasi antara pemerintah dengan rakyatnya. Sehingga rakyat dapat lebih mengetahui perkembangan negaranya.

1. Fungsi pers menurut Undang-undang No 40. Tahun 1999
Kemerdekaan pers adalah salah satu wujud kedaulatan rakyat yang berasaskan prinsip prinsip demokrasi, keadilan, dan supremasi hukum. Menurut Undang-undang No 40 Tahun 1999 tentang pers disebutkan dalam pasal 3 ayat (1) dan (2) sebagai berikut :

  • Pers nasional memiliki fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan dan kontrol sosial
  • Disamping fungsi-fungsi tersebut ayat (1), pers nasional berfungsi juga sebagai lembaga ekonomi
2. Fungsi pers menurut Kasman Hidayat
  • Fungsi pendidik
  • Fungsi penghubung
  • Fungsi pembentuk pendapat umum
  • Fungsi kontrol
3. Fungsi pers menurut Mochtar Lubi
  • Fungsi pemersat
  • Fungsi pendidik
  • Fungsi "public watch dog" atau penjaga kepentingan umum
  • Fungsi menghapuskan mitos dan mistik dari kehidupan politik negara-negara berkembang
  • Fungsi sebagai forum untuk memecahkan masalah di negara negara Asia

C. PERANAN PERS

Peranan pers sudah terdapat dalam UU No. 40 Tahun 1999, dan berikut ini adalah point point tentang peranan pers :
  1. Memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui informasi
  2. Menegakkan nilai nilai dasar demokrasi, mendorong terwujudnya supremasi hukum dan hak asasi manusia, serta menghormati kebhinnekaan.
  3. Mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat dan benar
  4. Melakukan pengawasan, kritik, koreksi dan saran terhadap hal hal yang berkaitan dengan kepentingan umum
  5. Memperjuangkan keadilan dan kebenaran
Load disqus comments

0 comments