Pengertian IKLAN dan Struktur IKLAN

Pengertian IKLAN dan Struktur IKLAN - Setiap hari kita melihat yang namanya iklan. Berbagai media menayangkan iklan mulai dari media cetak, maupun media elektronik. Iklan yang kita lihat bervariasi tentunya, ada iklan tentang suatu produk makanan, kecantikan atau berupa jasa. Tujuan dibuatnya iklan itu sendiri adalah agar orang-orang tertarik untuk memebeli atau menggunakan produk atau jasa yang kita tawarkan kepada mereka. Pembuatan iklan sendiri tidak boleh sembarangan, harus sesuai dengan kaidah kebahasaan yang baik dan benar supaya terlihat menarik.

Nah pada artikel ini kita akan membahas yang namanya pengertian teks iklan. Kita juga akan melihat struktur dari teks iklan itu sendiri serta kaidah kebahasaannya. Oke langsung saja kita mulai pembahasan kita.

Pengertian Teks Iklan


Teks iklan adalah suatu media yang digunakan untuk mempromosikan suatu barang atau jasa yang ditujukkan kepada khalayak umum yang dibuat dengan sangat menarik dengan harapan bisa membuat orang tertarik untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang kita tawarkan.

Penempatan iklan harus pada tempat yang ramai atau banyak dilihat, bisa itu dijalan raya, di media cetak seperti koran dan majalah, di radio, internet atau jika kalian memiliki cukup uang, Anda bisa mengiklankannya di Televisi. Dengan begitu, akan ada banyak orang yang melihat iklan Anda dan kemungkinan besar Anda juga akan memperoleh banyak pembeli, itulah tujuan dari iklan itu sendiri.

Struktur Iklan

Pengertian IKLAN dan Struktur IKLAN
Pengertian IKLAN dan Struktur IKLAN

Setiap iklan yang kita lihat, biasanya memiliki struktur yang hampir sama, yaitu terdiri dari judul iklan, nama produk atau jasa, dan juga deskripsi dari produk atau jasa itu sendiri. Berikut penjelasan dari masing-masing struktur teks iklan tersebut.

1. Judul Iklan, merupakan bagian yang pertama kali dilihat oleh calon pembeli Anda, yaitu judul dari iklan yang Anda buat apakah tentang makanan, produk kecantikan atau yang lainnya.

2. Nama Produk atau Jasa, adalah bagian yang isinya mengenai produk atau jasa yang hendak kalian tawarkan kepada khalayak.

3. Deskripsi, adalah penjelasan dari produk atau jasa secara rinci dan detail. Didalamnya Anda bisa menyertakan keunggulan-keungulan produk atau jasa Anda supaya banyak orang tertarik.

Kebanyakan iklan memiliki struktur seperti diatas, tetapi ada juga beberapa iklan yang tidak sesuai dengan struktur diatas, itu tidak masalah karena tujuan utama dari teks iklan adalah supaya orang tertarik dan ingin membeli produk yang Anda tawarkan kepada mereka. Selanjutnya, kita akan memperlajari bagaimana kalimat yang harus digunakan agar orang-orang lebih tertarik lagi. Sebenarnya ada 2 faktor yang bisa menunjang suatu iklan berhasil atau tidak, yang pertama adalah desain dan yang kedua adalah penggunaan kalimat, yang akan kita pelajari disini aadlah penggunaan kalimat terlebih dahulu karena saya nggak jago-jago banget dalam desain.

Ciri Kebahasaan Teks Iklan


1. Berupa kalimat slogan
Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dalam membuat kalimat yang bisa membuat orang lain tertarik adalah dengan menggunakan kalimat slogan. Slogan itu digunakan untuk menunjang produk kita dan agar berbeda dari yang lain. Slogan bisa menjadi ciri khas produk Anda jika dalam pembuatannya menarik dan tidak ada unsur jiplak punya orang lain. Artinya itu harus real dari Anda sendiri.

2. Kalimatnya Membujuk (Persuasif)
Point kedua adalah menggunakan kalimat persuasif atau bujukan. Dengan kalimat bujukkan yang pas dan tidak terlalu berlebihan, membuat orang lain tertarik ingin membeli produk Anda. Namun, bujukan ini tidak berlaku untuk semua orang atau hanya orang tertentu saja yang mungkin tertarik. Untuk itu, buatlah setidaknya kalimat bujukkan dengan target market yang pas, misalnya produk Anda tentang sepatu futsal, maka carilah market yang berhubungan dengan sepatu futsal seperti disekitar tempat futsal atau sekolah-sekolah bola.

Nah itu dia artikel kali ini mengenai pengertian teks iklan dan juga strukturnya, semoga bermanfaat.
Load disqus comments

0 comments