Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia)

Pengertian HAM atau kependekan dari Hak Asasi Manusia adalah hak dasar yang dimiliki oleh setiap mahluk hidup yang dia dapatkan mulai dari dilahirkan dan dimana secara kodrati HAM sudah sangat melekat pada diri manusia serta tidak ada satupun yang berhak mengganggu HAM setiap manusia karena HAM bagian dari anugerah Tuhan. Itulah sebuah anugerah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada kita untuk dapat kita gunakan sebaik mungkin dan hak dari setiap manusia tidak akan bisa diganggu oleh siapa pun. Sebagai contoh Hak untuk hidup di dunia yang merupakan Hak setiap manusia yang tidak dapat di ganggu gugat dan merupakan Hak pertama yang diberikan oleh Tuhan kepada kita semua.

Sebagai manusia jangan sampai kita melakukan penindasan atau berbuat kekerasan kepada sesama, karena itu akan melanggar HAM (Hak Asasi Manusia), sudah banyak kasus  kasus penyiksaan, penindasan, pembunuhan dan lain sebagainya yang pada intinya melanggar Hak Asasi Manusia. Kalau kita melanggar HAM kita dapat diproses secara hukum, dan mungkin akan dijebloskan di penjara. Ngomong-ngomong tentang penjara, kalau yang tunggu di penjara polisi cantik seperti foto dibawah ini mungkin akan betah kali ya di penjara, Ibaratnya ngak mau keluar dari penjara kalau dijaga oleh polwan canti ini, xi xi xi. Ayo, siapa yang mau dipenjara dan dijaga oleh polwan cantik ini?
Polwan cantik penegak HAM
Polwan cantik penegak HAM

Sejak lahir, manusia sudah memiliki hak asasi manusia yang harus dijunjung tinggi dan juga diakui semua orang. Hak itu lebih penting dari pada hak seorang penguasa atau bahkan seorang kepala suku. Hak asasi berasal dari Tuhan Yang Maha Tunggal, dan diberikan kepada manusia. Akan tetapi, hak asasi sering kali dilanggar oleh manusia dan mereka pasti akan mempertahankan hak pribadinya. Sebanarnya apa sih yang dimaksud dengan hak asas manusia  atau HAM itu? Nah,dikesempatan kali ini kita akan membahas pengertian serta bebarapa fungsi HAM di dalam kehidupan kita sehari- hari jadi silahkan disimak dan semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Hak Asasi Manusia atau (HAM) berasal dari keyakinan manusia itu sendiri bahwa kalau semua manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan adalah sama derajatnya baik itu miskin atau kaya dan lain sebagainya. Manusia dilahirkan bebas dan mempunyai martabat juga hak-hak yang sama. karena itulah hak dasar itulah manusia harus diperlakukan secara sama dan adil setimpal dan beradab. Hak Asasi Manusia bersifat universal, yaitu berlaku untuk semua manusia tanpa membeda-bedakannya, dan bebas memilih agama, ras, suku dan kependudukan mereka.

Jika kita sedikit berbicara tentang Hak Asasi Manusia atau HAM, jangkauannya memanglah sangatlah luas, baik itu  adalah ham yang bersifat individual (perseorangan) ataupun HAM yang bersifat komunal atau kolektif (masyarakat). Usaha penegakannya juga telah berlangsung berabad-abad lalu, walaupun di berbagai belahan dunia dan juga termasuk Indonesia, secara eksplisit HAM sudah terlihat sejak berakhirnya perang Dunia II, dan juga untuk sekarang ini semakin intensif sejak diakhir abad yang ke-20. Telah banyak juga dokumen yang dapat dihasilkan tentang hal ini, yang dari waktu ke waktu terus saja bertambahdan bertambah.

Di dalam kehidupan kita yang berbangsa dan bernegara, sejak beberapa tahun terakhir ini terlihat perkembangan yang sangat menggembirakan berhubung dengan usaha penegakan serta pemenuhan HAM ini. Contohnya saja saat kita melihat terjadinya sejumlah komisi Nasional penegakan HAM, dan komisi ini ada beberapa macam yaitu ada yang bersifat umum dan juga menyeluruh yang disebut Komnas HAM,dan juga Komnas perlindungan perempuan dimana saat ini dapat kita rasakan serta dapat kita lihat di negara Indonesia ini.

Baiklah sekian dulu penjelasan mengenai Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia) ini dan semoga dapat berguna bagi anda yang membutuhkannya.

Load disqus comments

0 comments