Pengertian Globalisasi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Globalisasi dan Proses Globalisasi - Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan kata Globalisasi, pasalnya globalisasi menjadi salah satu materi yang dipelajari di tingkat smp dan juga sma. Nah, lalu apa sih globalisasi itu? Berikut ini kitapunya.net jelaskan tentang definisi dari globalisasi :

Pengertian Globalisasi

Pengertian Globalisasi Secara Umum dan Menurut Para Ahli
Pengertian Globalisasi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Globalisasi berasal dari kata "global" yang mempunyai arti umum atau universal. Bahasa Inggrisnya globalisasi adalah globalization yang berasal dari kata globe yang artinya bumi atau dunia, dan ization yang mempunyai arti proses. Jadi kalau digabung globalization artinya adalah proses mendunia.

Pengertian globalisasi secara umum yaitu suatu proses tatanan masyarakat yang mendunia yang tidak lagi mengenal batas-batas wilayah suatu negara.

Banyak para ahli yang telah mengemukakan pendapat tentang globalisasi, mereke mengemukakan opininya sesuai dengan pandangan mereka masing masing. Sebagian diatara mereka ada yang menganggap bahwa globalisasi adalah proses sosial, ada juga yang menganggap sebagai proes sejarah atau proses yang alami yang akan membuat bangsa bangsa di dunia ini semakin terikat satu sama lain untuk mewujudkan suatu bentuk tatanan baru tanpa melihat batas batas geografis, ekonomi dan budaya masyarakat yang telah berkembang di masing masing negara.

Dalam pengertian diatas, globalisasi mempunyai hubungan dengan peningkatakan keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia sehingga batas batas wilayahnya antar negara menjadi bias (samar).

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Dan berikut ini pengertian globalisasi menurut para ahli :
1. Martun Albrow
Definisi globalisasi menurut Martin Albrow adalah globalisasi menyangkut seluruh proses dimana penduduk dunia terinkorporasi ke dalam masyarakat dunia yang tunggal.

2, Wikipedia Encyclopedia
Definisi globalisasi menurut Wikipedia Encyclopedia adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan perubahan-perubahan dalam masyarakat dan dalam perekonomian dunia yang dihasilkan oleh meningkat pesatnya perdagangan dan pertukaran kebudayaan.

3. Selo Sumarja
Definisi dari Globalisasi menurut Selo Sumarjo adalah suatu proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia.

4. Bank Dunia
Menurut bank dunia definisi dari globalisasi adalah kebebasan dan kemampuan individu dan perusahaan untuk memprakasai transaksi ekonomi dengan orang-orang dari negara lain.

Pengertian Globalisasi secara umum

Definisi dari globalisasi secara umum adalah suatu proses menuju tatanan masyarakat yang mendunia yang menyangkut semua bidang kehidupan seperti ideologi, politik, sosial budaya, hankam, dan lain lain sehingga antar negara seolah-olah tidak mengenal batas wilayah lagi. Globalisasi terbentuk sebagai akibat adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi komunikasi internasional yang majunya sangat pesat atau cepat.
Load disqus comments

0 comments