Pengertian Ginjal, Fungsi dan Anatomi Ginjal Pada Manusia

Pengertian Ginjal, Fungsi dan Anatomi Ginjal Pada Manusia - Ginjal adalah salah satu organ vital bagi manusia. Tanpa adanya ginjal, mustahil kita bisa hidup. Untuk itu ginjal disebut sebagai organ teramat penting dan harus kita jaga dengan baik demi kelangsungan hidup kita sendiri. Berbicara mengenai ginjal, Apa sih ginjal itu dan apa fungsinya? Untuk menawab pertanyaan tersebut, kali ini saya akan membuat sebuah artikel yang judulnya Pengertian dan Fungsi Ginjal.

Pengertian Ginjal


Definisi ginjal adalah organ ekskresi dalam vertebrata yang bentuknya mirip dengan kacang. Ginjal jumlahnya sepasang dan letaknya pada rongga belakang usus agak atas. Berbentuk seperti kacang dengan sisi cekung menghadap ke sumbu tubuh bagian tengah yang disebut dengan hilus ginjal. Hilus ginjal sendiri memiliki fungsi sebagai tempat masuknya pembbuluh darah, pembuluh limfa, saraf, dan ureter yang masuk dan keluar ginjal.

Fungsi ginjal sendiri yaitu untuk menyaring kotoran seperti urea yang terdapat pada darah dan dibuang bersama dengan air dalam bentuk urin. Nah bagi kalian yang tertarik memperlajari ginjal lebih dalam lagi, kalian bisa masuk jurusan nefrologi yaitu jurusan yang mempelajari tentang ginjal dan penyakitnya.

Anatomi Dasar

Pengertian Ginjal, Fungsi dan Anatomi Ginjal Pada Manusia
Pengertian Ginjal, Fungsi dan Anatomi Ginjal Pada Manusia
Setelah memahami tentang pengertiannya, sekarang kita melihat struktur anatomi dari ginjal. Tapi pertama-tama kita cari tahu dulu dimana sih letak ginjal itu. Ginjal jumlahnya sepasang dan letaknya di kanan dan kiri tulang belakang, tepatnya dibawah organ hati dan limfa. Dibagian atas dari ginjal terdapat kelenjar adrenal atau kelenjar suprarenal. Ginjal kanan letaknya agak dibawah dari ginjal kiri untuk memberi ruang sebagai tempat hati. Ginjal dibungkus oleh dua lapisan lemak yaitu lemak perirenal dan lemak pararenal yang fungsinya untuk meminimalisir terjadinya guncangan pada ginjal.

Berat dan besar ginjal berbeda-beda, hal ini tergantug dengan jenis kelamin, umur, serta ada tidaknya ginjal pada sisi lain. Umumnya untuk orang dewasa, ukurannay panjang 11,5 cm, lebar 6 cm, dan tebal 3,5 cm dengan berat rata-rata 120-170 gram. Bagian luar dari ginjal disebut dengan korteks, bagian lebih dalamnya lagi disebut medulla, dan bagian paling dalam disebut pevis.

Nah itu tadi beberapa penjelasan singkat mengenai ginjal, selanjutnya kita akan mencari tahu apa saja fungsi dari Ginjal itu sendiri mengingat peran organ ginjal ini sangat vital bagi tubuh kita, tanpa adanya ginjal maka didalam tubuh kita akan terdapat banyak racun yang seharusnya dikeluarkan.

Fungsi Ginjal


1. Membersihkan darah dari zat-zat hasil metabolisme
salah satu fungsi ginjal adalah membersihkan darah. Nah bagian dari ginjal yang menjalankan fungsi tersebut adalah nefron. Nefron bekerja sebagaimana mestinya untuk membersihkan darah dari racun-racun yang berbahaya bagi tubuh. Apabila nefron ini mengalami kerusakan, maka racun yang ada didalam tubuh tidak bisa dikeluarkan, akibatnya racun akan mengendap dalam tubuh dan sangat berbahaya bagi kita.

2. Mengatur volume cairan tubuh
Fungsi yang lain adalah untuk mngatur kadar cairan didalam tubuh. Nah ginjal akan mengeluarkan hormon ADH singkatan dari Anti Diuretic Hormone untuk melaksanakan fungsi tersebut. Cara kerjanya yaitu jika volume cairan didala tubuh berlebihan, maka hormon ADH akan menurun akibatnya urine yang kita keluarkan jumlahnya banyak dan encer, begitu juga sebaliknya.

3. Mengatur pH darah agar tidak terlalu asam
Fungsi selanjutnya adalah untuk mengatur kadar pH didalam darah supaya tidak terlalu asam.

4. Mengatur metabolisme kalsium dan Vitamin D
Fungsi selanjutnya dari ginjal adalah mengatur metabolisme dari kalsiuma dan juga vitamin D


Nah itu dia artikel mengenai pengertian dan fungsi ginjal, semoga bermanfaat.
Load disqus comments

0 comments