Pengertian HTTP dan Fungsi HTTP (Hypertext Transfer Protocol)

Pengertian dan HTTP (Hypertext Transfer Protocol) - Bagi kalian yang sering berselancar didunia maya pasti tidak asing dengan istilah HTTP. Ya istilah tersebut memang tidak asing ditelinga kita, tapi apakah kita tahu sebenarnya apa itu HTTP. Nah untuk menjawab ketidak tahuan Anda mengenai HTTP ini, kali ini saya mau berbagi artikel seputar pengertian HTTP. Berikut ulasannya.

Pengertian dan HTTP (Hypertext Transfer Protocol)

HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
HTTP singkatan dari Hypertext Transfer Protocol adalah suatu protokol yang digunakan untuk mengirim dokumen atau halamamn dalam WWW atau World Wide Web. Sedangkan pengertian HTTP menurut kamus besar adalah protokol jaringan untuk didistribusikan, kolaboratif, sistem informasi hypermedia. HTTP adalah dasar dari komunikasi data untuk WWW.

Dalam pengertian HTTP tersebut, menetapkan bagaimana pesan diformat dan ditransmisikan dan seperti apa respon dari browser. Sejarah protokol HTTP pertama kali digunakan dalam WWW sekitar tahun 1990. Nah yang dipakai pada masa itu ialah protokol HTTP versi 0.9 yang merupakan protokol transfer data secara mentah, maksud mentah disini yaitu data tersebut dikirimkan tanpa melihat tipe dari dokumen itu sendiri.

6 Tahun kemudian yaitu sekitar tahun 1996, protokol HTTP mengalami perbaikan sehingga menjadi protokol HTTP versi 1.0. Dan pada tahun 1999 dikeluarkan HTTP versi selanjjutnya yaitu 1.1 untuk mengakomodasi proxy, cache dan koneksi yang persisten.

HTTP adalah protoko aplikasi berbasis client server sederhana yang dibangun atas TCP (transmission Control Protocol). Sebuah client HTTP biasanya memulai permintaan dengan menciptkan sebuah hubungan ke port tertentu di sebua hserver webhosting tertentu. Umumnya port yang digunakan adalah port 80. Klien juga sering dikenal dengan user agent, sedangkan server yang meresponnya dan juga meyimpan sumber daya seperti berkas HTML dan gambar disebut dengan origin server.

Nah diantara keduanya yaitu user agent dan origin server bisa saja ada oenghubung, seperti misalnya geteway, tunnel dan proxy. Nah selanjutnya sumber yang ingin diakses dengan menggunakan HTTP diidentifikasi dengan menggunakan URL (Uniform Resource Locator) dengan skema URL http: atau https:.

Fungsi dan Cara Kerja HTTP


Kalian pasti tahu kalau HTTP muncul diawal setiap alamat web. Ya semua layanan web dijalankan melalui protokol ini. HTTPS adalah variasi dari HTTP dimana dalam hal inibrowser menambah lapisan enkripsi.

Cara kerja protokol ini yaitu untuk mengkomunikasikan satu dengan yang lainnya. Protokol adalah perintah yang harus diikuti oleh setiap komputer untuk bisa mengirim atau menerima pesan. Penggunaan protokol yang paling umum yaitu HTTP, SMTP, FTP, IMAP, POP3, dan masih banyak lagi lainnya.

Fungsi dari HTTP itu sendiri adalah menetapkan bagaimana pesan atau data yang ada diformat dan ditrasmisikan menjadi bentuk yang bisa merespon browser untuk memunculkan data-data tersebut.

Kesimpulan dari Pengertian HTTP


HTTP adalah komunikasi protokol yang menjadi penghubung dan mentransfer informasi ke internet. HTTP juga merupakan protokol request-respone (permintaan dan tanggapan) antara klien dan server. Klien adalah pengguna sedangkan server adalah pemberi tanggapan dan menyimpan atau mengambil sumber daya yang diminta dengan menghubungkan tautan, yang disebut dengan dokumen hoperteks, selanjutnya membentuk WWW.

Baca juga : Pengertian HTML dan Contoh HTML

Nah sekian artikel mengeani pengertian HTTP, mohon maaf apabila ada bagian-bagian yang salah, Terima Kasih sudah berkunjung.
Load disqus comments

0 comments