Pengertian Domain, Fungsi dan Contoh Domain Paling Populer

Diposting pada 3,123 views

Pengertian Domain, fungsi dan contohnya – Sebelum kita semua membahas lebih jauh tentang domain tentunya kita bahas terlebih dahulu mengenai penjelasan serta fungsi dari domain ini agar nanti kita tidak kesulitan saat menentukan serta mengartikan dan memahami tentang domain ini, lalu apa yang dimaksud dengan domain? dan apa saja contoh beserta fungsinya? nah kita akan segera membahasnya disini dan berikut penjelasan tentang domain itu dan semoga dapat membantu anda yang mungkin sekarang sedang mencari ilmu yang lebih mendalam tentang domain ini.  

Untuk para pengguna internet mungkin bisa memiliki sampai puluhan website/blog dikunjungi setiap harinya. karena begitu banyaknya kita bisa mendapatkan informasi ataupun berita, hanya dengan cara menuliskan nama website yang kita inginkan di browser.

Namun, tahukah anda? bahwa nama yang anda ketik di browser itu seperti news.com, detik.com, tribunews.com itu sebenarnya merupakan penerjemahan dari sebuah deretan angka. Akan sangat sulit bila kita menghafal deratan angka jika dibandingkan dengan menghafal sebuah nama saja. Dan Inilah penjelesan sederhana dari domain yang akan kita bahas hari ini.

Pengertian domain dan Fungsi domain

Domain adalah sebuah nama unik yang digunakan oleh sebuah server komputer seperti sebuah web server dan mail server dalam jaringan internet. Nama dari server komputer ini bertujuan agar dapat memudahkan para pengguna dalam mengakses sebuah web server, mail server dan juga website yang sering kita cari tanpa harus menghafal deretan angka yang sangat sulit itu dan yang dikenal dengan nama IP Address.

  Domain saat ini juga identik dengan sebuah alamat URL atau alamat yang sering disebut juga sebuah website. Sebagai Contohnya adalah: bola.com, detik.com, google.co.id.

Domain juga memiliki proses, dan proses penerjemahan dari suatu nama unik ke semua deretan angka IP Address memakai program yang bernama DNS (Domain Name System). Di dalam kehidupan sehari-hari server DNS ini bisa sering kali diibaratkan sebagai buku telepon pada HP.  

Contoh contoh domain name

Ada Beberapa Pembagian Domain Secara Global  

1. Generic Top Level Domain (gTLD) Domain pada dasarnya yang dipakai secara internasional yang dikelola oleh suatu badan yang disebut dengan Internic atau kependekan dari international Network Information Center dibawah IANA (Internet Assigned Number Authority).

Berikut beberapa contoh Domain yang termasuk kedalam Generic Top Level Domain sebagai berikut:

Domain .com: domain yang dipakai oleh organisasi atau individu yang bersifat komersial.

Domain .edu: domain yang dipakai oleh organisasi atau sebuah lembaga pendidikan.

Domain .gov: domain yang dipakai oleh lembaga dan juga instansi pemerintah yang dimiliki Amerika Serikat.

Domain .int: Domain yang dipakai oleh seuatu organisasi bertaraf internasional.

Domain .net: Domain yang dipakai oleh penyedia jasa internet (ISP).

Domain .org: dipakai untuk sebuah organisasi non komersial.

Domain .aero:

Domain yang dipakai untuk industri pesawat terbang.

Domain .asia: Domain yang dipakai untuk kawasan Asia-Pasific.

Domain .biz: Domain yang dipakai untuk para pebisnis. Domain .info: Domain yang dipakai untuk website informasi.  

2. Country Code Top Level Domain (ccTLD)

Pada dasarnya sebuah Domain juga dimiliki oleh sebuah negara untuk menandakan IP Adress sebuah negara tersebut, dan masing-masing negara di dunia ini juga memiliki ccTLD. Berikut ini adalah beberapa contoh ccTLD dari masing-masing negara yang terdaftar: Domain .br: Brazil Domain .ac: Kepulauan Ascension Domain .ae: Uni Emirat Arab Domain .al: Albania Domain .am: Armenia Domain .ar: Argentina Domain .at: Austria Domain .au: Australia Domain .bd: Bangladesh Domain .be: Belgia Domain .ru: Rusia Domain .bh: Bahrain Domain .bn: Brunei Darussalam Domain .ch: Swiss Domain .cl: Chili Domain .cz: Republik Ceko Domain .de: Jerman Domain .dk: Denmark Domain .eg: Mesir Domain .es: Spanyol Domain .fr: Francis Domain .id: Indonesia Domain .il: Israel Domain .in: India Domain .uk: Inggris Domain .iq: Iraq Domain .ir: Iran Domain .af: Afganistan Domain .it: Italia Domain .jp: Jepang Domain .us: Amerika Serikat Domain .ca: Canada  

Setelah membaca artikel ini apakah anda sudah jelas, untuk memperjelas lagi silahkan anda lihat addresbar di brower anda. Disitu apabila anda mengunjungi dan membaca artikel ini, akan tertuli https://www.kitapunya.net/ bla bla bla. Nah, kitapunya.net inilah yang disebut dengan domain.  

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, HR, dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.