Pengertian dan Macam macam majas perbandingan

Pengertian dan Macam macam majas perbandingan - Dalam puisi dikenal yang namanya gaya bahasa, gaya bahasa dengan majas tidaklah sama, tapi banyak orang yang menganggap keduanya sama. Gaya bahasa merupakan pemakaian kata kata kiasan dan perbandingan yang tepat untuk melukiskan sesuatu. Sedagkan majas adalah bagian dari gaya bahasa. Majas terdapat beberapa macam, seperti majas perbandingan, majas penegasan, majas pertentangan, dan majas sindiran.

Pengertian majas perbandingan

Majas perbandingan adalah suatu majas yang menggunakan kata kiasan yang menyatakan perbandingan 2 buah hal atau lebih untuk menambah kesan dan pengaruh yang baik dari orang yang membaca atau yang mendengar.

Macam-macam majas perbandingan

Majas perbandingan terdiri dari beberapa macam, dan berikut ini adalah macam-macam majas perbandingan :

1. Majas metonimia
Adalah majas yang menggunakan label atau merek dagang untuk menyatakan atau menggambarkan suatu benda. Contohnya adalah, penggunaan kata "aqua", pada kalimat "Saya baru saja minum aqua", aqua disini berarti air putih. Contoh lain dari majas metonimian yaitu :
  • Tono setiap hari membeli djarum (djarum = r-kok)
  • Doni setiap hari selalu minum kapal api (kapal api = kopi)
  • Aku baru saja membeli dop di toko alat alat listrik (dop = bolamp lampu)


2. Majas metafora
Adalah salah satu majas perbandingan yang menggunakan ungkapan berupa perbandingan analogis yang membanding dua buah benda yang mempunyai sifat yang sama atau hampir sama. Sebagai contoh adalah kata Raja siang, raja siang cocok digunakan untuk mengungkapkan Matahari.
Contoh lain dari majas metafora antara lain :
  • Dewi malam saat ini sedang bersembunyi dibalik awan
  • Joko menjadi raja sehari di rumahnya
  • Tutik menjadi tulang punggung keluarga sejak bapaknya sakit
3. Majas personifikasi
Macam majas perbandingan yang ketiga adalah majas personifikasi. Majas personifikasi adalah majas yang membandingkan suatu benda dengan perilaku manusia (penginsanan), Sebagai contoh, adalah mobil itu berjalan sangat kencang. Kata berjalan identik dengan perilaku manusia yaitu jalan. Sedangkan mobil lebih cocok dengan melaju. Mobil itu melaju dengan kecepatan sangat kencang.
Contoh lain dari majas personifikasi :
  • Angin itu berbisik bisik
  • Daun itu melambai-lambai
4. Majas Eufimisme
Macam majas perbandingan yang keempat adalah majas eufimisme. Majas ini mempunyai definisi yaitu majas yang mengganti suatu keta dengan kata lain yang hampir sama artinya, tujuannya adalah untuk menghaluskan bahasa. Sebagai contoh adalah penggunaan kurang pandai pada kalimat "Mengapa engkau kurang pandai nak?" tentu kalimat tersebut lebih halus apabila dibandingkan dengan menggunakan kata bodoh.

5. Majas hiperbola
Macam majas perbandingan yang kelima adalah majas hiperbola. Majas ini adalah majas yang menggunakan kata kata kata atau ungkapan untuk menyatakan suatu keadaaan secara berlebian.
Contohnya adalah pada kata aku tidak bisa hidup tanpa kamu.

6. Majas sinestesia
Majas yang berupa suatu ungkapan rasa dari suatu indra yang dicurahkan lewat ungkapan rasa indra lainnya. Contoh : Wajah cewek itu sangat manis sekali.

Majas perbandingan
Majas perbandingan 

7. Majas alegori
8. Majas Litotes
9. Majas asosiasi
10. DLL

Untuk yang no 7 sampai 10 belum saya jelaskan. Mungkin  lain kesempatan akan saya sambung lagi. Terimakasih.

Load disqus comments

0 comments