Pengertian Internet dan Fungsi Internet

Pengertian dan fungsi internet - Semua anak muda bahkan hampir setiap orang pasti juga tahu dengan yang namanya internet, hal ini dikarenakan kemudahan dalam mengkases internet. Dengan gadget seadanya saja kita sudah bisa berselancar di internet. Apalagi kalau sekarang ini satu orang tidak cukup satu gadget, bahkan bisa sampai 3 gadget. 

Hal ini didukung dengan adanya fasilitas-fasilitas gratis, seperti wifi yang ada di sekolah. Setiap siswa dapat mengakses internet dengan modal gadget yang mereka punya dan wifi gratis yang ada di sekolah. Sehingga dapat dikatakan, mereka mengakses internet tanpa modal. Mereka biasanya menggunakan internet untuk mengakses situs situs seperti facebook, google, blogger, twitter, yahoo, youtube dan masih banyak lagi.

Dengan mudahnya dalam mengakses internet, maka pengguna internet di Indonesia maupun di dunia semakin lama semakin meningkat. Jika kita pernah menggunakan internet, tidak lengkap kalau kita belum mengetahui pengertian dan fungsi dari internet. Apa pengertian dan fungsi dari internet, berikut ini kitapunya.net jelaskan tentang pengertiaan internet dan fungsi internet. 
Pengertian dan Fungsi Internet
Pengertian dan Fungsi Internet

Pengertian internet

Internet atau yang memiliki kepanjangan ( interconnection networking) adalah sebuah jaringan komunikasi universal terbuka dan juga menghubungkan lebih dari milyaran jaringan komputer dari berbagai tipe maupun jenis, dengan memakai tipe komunikasi seperti telepon, satelit dan lainnya.

Pada awalnya internet adalah sebuah jaringan komputer yang didirikan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 di sebuah projek yang disebut dengan ARPANET. Awal dari proyek ini adalah untuk keperluan militer saja, akan tetapi lama-lama terus berkembang dan bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Fasilitas - fasilitas dari internet

Fasilitas-Fasilitas yang Terdapat pada Internet Internet juga memiliki beberapa fasilitas yang pastinya dapat membantu kinerja kita dan juga dapat memudahkan kita dalam bekerja. Sesuai kegunaannya memang internet memiliki fasilitas yang sangat banyak yang dapat kita nikmati dan berikut beberapa fasilitas dari internet.

1. WWW
WWW atau yang sering disebut (World Wide Web) adalah sebuah sistem yang berada pada internet dan tugasnya adalah untuk melakukan pencarian sekaligus memberikan informasi yang cepat dengan memakai teknologi hypertext.

2. Email
Email adalah sebuah elektronik yang berfungsi untuk memungkinkan kita untuk bisa mengirim pesan kemana pun dan dari jarak sejauh apapun.

3. Mailing List 
Mailing List atau yang biasa disebut milis adalah salah satu discussion group yang ada di internet.

4. BBS 
BBS atau Bulletin Board System adalah sebuah pusat layanan informasi yang menyediakan berbagai jenis informasi dari bermacam bidang tertentu yaitu seperti bidang pendidikan, bisnis, sosial, teknologi dan lain sebagainya.

5. Chatting 
Chatting adalah obrolan antara dua atau lebih pengguna PC secara realtime dan langsung dengan menggunakan jaringan internet.

6. Newsgroup 
Fungsinya sedikit sama dengan milis, Newsgroup adalah salah satu alat discussion group yang berada di internet. Untuk dapat mengakses sebuah newsgroup, dibutuhkan jaringan komputer khusus yang biasanya sering disebut UseNet.

7. FTP 
FTP atau kependekan dari File Transfer Protocol adalah sebuah layanan internet untuk melakukan transfer file antara pemakai komputer yang satu dengan suatu server di internet lainnya.

8. Gopher 
Gopheradalah protokol layer aplikasi TCP/ IP yang sengaja dirancang untuk kebutuhan distribusi, pencarian, ataupun pengambilan dokumen dengan jaringan internet. Fungsi/ Manfaat Internet

Fungsi internet

Selain memiliki beberapa fasilitas tertentu, internet pastinya juga memiliki banyak fungsi yang dapat kita rasakan sekarang ini dan pastinya beberapa fungsinya ini dapat membantu kita dalam bekerja, dan melakukan sesuatu.

1. Menambah wawasan dan pengetahuan kita 
Dengan menggunakan internet, kita jadi lebih mengenal tentang berbagai wawasan dan juga pengetahuan dari berbagai bidang di seluruh dunia. Internet merupakan gudangnya informasi, dengan mencari di google saja kita bisa menemukan informasi yang kita cari. Apapun itu, bahkan hampir semua informasi dapat kita temukan dengan memanfaatkan search engine yang satu ini. Selain google, masih terdapat banyak search engine lainnya seperti google, bing, yahoo dan lain sebagainya.

2. Komunikasi menjadi lebih cepat dan mudah 
Dengan perkembangan internet yang semakin pesat tentunya membuat komunikasi antar individu atau seseorang menjadi jauh lebih mudah dan juga cepat. Kita juga dapat berkomunikasi dengan seseorang yang berada di luar negeri sekalipun. Kita bisa berkomunikasi di internet dengan banyak cara, seperti melalui email, sosial media (facebook, twitter, google +) dan masih banyak lagi fasilitas-fasilitas di internet yang dapat kita gunakan untuk berkomunikasi.

3. Kita dapat berbelanja secara online melalui internet
Dengan pesatnya penggunaan internet di Indonesia dan di dunia, maka timbulah peluang pasar yang sangat besar. Sehingga para produsen dan distributor produk menjual produknya secara online, terbukti dengan bermunculannya berbagai situs toko online di Indonesia seperti lazada, mataharimall, bilna, tokopedia, bukalapak dan lain sebagainya. Karena samkin banyak yang menjual produk di internet maka semakin banyak pula orang yang tertarik untuk melakukan shoping online. Sampai sata ini lebih dari 70% orang di dunia lebih menggunakan belanja online ini dari pada belanja langsung ke pasar.

4. Internet bisa menjadi wahana hiburan
Internet juga memiliki peran sebagai “Penghibur” bagi anda yang ingin menenangkan jiwa atau hanya sekedar istirahat yaitu dengan cara bermain game dan melakukan kegiatan lainnya yang menghibur. Contoh kegiatan di internet yang menghibur antara lain melihat video di youtube, bermain game, chatting di social media dan masih banyak lagi.

5. Internet dapat digunakan untuk mencari uang
Tahukah anda, bahwa dengan internet seseorang dapat mendapatkan uang. Entah itu dengan membuat toko online, atau berbisnis online yang lainnya. Terdapat banyak sekali jenis bisnis di internet yang dapat kita jadikan sebagai penghasil uang, bahkan banyak orang yang menggantungkan hidupnya dengan bekerja di internet. Bekerja di internet sering dikenal dengan bisnis online, banyak sekali orang-orang yang sukses dari internet, bahkan bisa menghasilkan ratusan juta rupiah dari internet.

Baca juga : Sejarah Internet dan Perkembangan Internet
Load disqus comments

0 comments