Pengertian, Ciri ciri, Contoh dan Jenis Paragraf

Pengertian, Ciri ciri, Jenis dan Contoh Paragraf –  Setiap tulisan atau artikel mungkin terdiri dari beberapa paragraf, entah itu 2 paragraf atau 5 paragraf. Tentu semakin banyak jumlah paragraf makin panjang juga artikel tersebut. Dan tahukah anda apa itu paragraf? Serta apa sajakah ciri ciri, jenis jenis dan contoh dari paragraf. Berikut ini kitapunya.net akan jelaskan tentang paragraf.

Pengertian Paragraf

Definisi dari paragraf adalah suatu kumpulan satu kesatuan pikiran yang lebih tinggi dan juga lebih luas dari pada kalimat. Dapat juga dikatakan dengan bagian dari suatu artikel atau tulisan atau karangan yang mana paragraf ini terdiri dari beberapa kalimat. Paragraf terdiri dari beberapa kalimat, jadi bukan hanya terdiri dari satu kalimat melainkan terdiri dari kumpulan beberapa kalimat. Setiap kalimat menjelaskan topik yang dibahas, dalam sebuah paragraf terdapat satu kalimat utama, dan kalimat yang lain sebagai kalimat penjelas.

Walaupun terdiri dari beberapa kalimat, namun dalam satu paragraf kalimat yang satu dengan yang lain saling berhubungan. Berdasarkan letak kalimat utama paragraf dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu paragraf deduktif, paragraf induktif, dan paragraf campuran.

Ciri-ciri paragraf

Sebelum kita membahas tentang jenis jenis paragraf, lebih baik kita ketahui ciri ciri dari paragraf. Apa sajakah ciri-ciri dari paragraf tersebut. Berikut ini kitapunya.net akan jelaskan beberapa ciri ciri dari paragraf.

  • Biasanya untuk kalimat pertama pada suatu paragraf, letak dari kata pertama agak ke dalam. Berdasarkan standar internasional, kalimat pertama pada sebuah paragraf akan agak kedallam kira kira 5 spasi untuk jenis karangan yang biasa. Untuk lebih mudahnya gunakan saja Ms Word, dan langsung tekan Tab. Maka akan langsung dimulai menulis artikel dengan kalimat pertama agak masuk ke dalam.
  • Paragraf mempunyai kalimat utama yang letaknya bisa di awal, di akhir atau campuran. Dalam kalimat utama ini kita bisa menyimpulkan tema atau topik yang dijelaskan dalam paragraf tersebut.
  • Selain terdiri dari kalimat utama, dalam sebuah paragraf juga terdapat beberapa kalimat penjelas yang akan membantu menerangkan tema.
  • Paragraf terdiri dari kalimat utama dan kalimat penjelas, kalimat utama sifatnya lebih umum, tetapi kalau kalimat penjelas sifatnya adalah lebih spesifik atau khusus.

Contoh paragraf

Berikut ini adalah contoh dari paragraf, kalau berdasarkan posisi atau letak kalimat utamanya maka paragraf ini adalah paragraf deduktif.
         Kami akan memberikan informasi kepada anda tentang 3 makanan paling populer di Indonesia. Makanan pertama yang paling populer adalah nasi goreng, hal ini dikarenakan nasi goreng memiliki rasa yang nikmat dan jarang di temui di berbagai belahan dunia. Makanan paling populer yang kedua adalah bakso, setiap orang saya yakin pasti pernah makan makanan yang satu ini. Sedangkan makanan populer yang keempat adalah mie ayam, setiap ada bakso pasti ada juga mie ayam disampingnya.

Dari contoh paragraf tersebut, dapat kita ambil beberapa data seperti :
Kalimat utamanya terletak pada kalimat pertama, dan kalimat ke dua sampai ke empat adalah kalimat penjelas. Topik atau tema dari paragraf tersebut adalah makanan paling populer di Indonesia.


Untuk lebih memahami paragraf anda bisa lihat gambar dibawah ini.
Contoh Paragraf
Contoh Paragraf
Gambar diatas adalah bagian bagian dari paragraf. Yang mana, kalimat pertama merupakan kalimat utama jika itu jenis paragraf deduktif. Dan setelah itu kalimat-kalimat pendukung, yang diakhiri dengan kalimat kesimpulan.

Jenis jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utamanya

Berdasarkan kalimat utamanya, paragraf dapat dibagi menjadi 3 macam yaitu paragraf deduktif, paragraf induktif dan paragraf campuran. Berikut ini penjelasan dari ketiga macam paragraf yang sudah saya sebutkan diatas.

a. Paragraf induktif
Suatu paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf (kalimat pertama) disebut dengan paragraf deduktif.

b, Paragraf deduktif
Suatu paragraf yang kalimat utamanya berada di akhir paragraf (kalimat terakhir) disebut dengan paragraf induktif.

c. Paragraf campuran
Suatu paragraf yang kalimat utamanya berada di awal dan di akhir paragraf disebut dengan paragraf campuran.
Load disqus comments

0 comments