Pengertian Batu Ginjal, Gejala dan Cara Mengobati Batu Ginjal

Pengertian Batu Ginjal dan Cara Mengobati Batu Ginjal - Ginjal menjadi salah satu organ penting bagi manusia. Organ ini menjalankan fungsi yang berhubungan dengan sistem ekskresi atau pengeluaran zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Melihat fungsi yang penting dari ginjal tersebut, maka sudah seharusnya kita menjaga sepasang ginjal yang kita miliki dengan baik agar kita tetap sehat.

Kali ini saya akan berbagi informasi mengenai pengertian batu ginjal, yaitu salah satu penyakit ginjal yang sudah banyak diderita oleh orang. Didalam artikel ini saya juga akan berbagi pencegahan agar terhidar dari batu ginjal dan juga pencegahannya.

Pengertian batu ginjal

Pengertian Batu Ginjal dan Cara Mengobati Batu Ginjal
Pengertian Batu Ginjal dan Cara Mengobati Batu Ginjal

Batu ginjal adalah sebuah materi padat layaknya batu yang terbentuk akibat dari pengapuran kristal hasil dari sekresi tubuh atau zat sisa lain yang mengalami pengendapan. Yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang penyebabnya adalah karena kalsium yang berlebihan didalam tubuh. Orang yang menderita penyakit ini akan mengalami nyeri yang luar biasa hebat serta pendarahan pada urin, hal itu disebabkan karena adanya infeksi dan bahkan bisa terjadi penyumbatan pada saluran kemih.

Setelah mengetahui pengertian dari batu ginjal, selanjutnya kita cari tahu gejala-gejala orang yang terkena penyakit ini. Berikut gejala umum yang sering muncul:

1. Nyeri pada punggung yang sangat hebat, kemudian diikuti bagian tulang rusuk, pinggang, perut dan paha.
2. Umumnya disertai dengan demam dan badan menggigil.
3. Gangguan pada perut.
4. Didalam urin terdapat darah dan sakit ketika ingin buang air kecil maupun buang air besar.

Itu dia beberapa gejala orang yang mungkin mengidap penyakit batu ginjal ini. Itu untuk orang yang sudah mulai besar batu ginjalnya, untuk batu ginjal yang masih kecil bahkan tidak ditemui gejala-gejala seperti diatas, untuk itu sebagai pencegahan Anda bisa konsultasikan kepada dokter untuk mengidentifikasi apakah terdapat penyakit tersebut didalam tubuh Anda.

Nah bagi Anda yang sudah positif menderita penyakit tersebut, saya ada beberapa informasi yang mungkin bisa meringankan bahkan menyembuhkan penyakit Anda tersebut. Tetapi Anda harus tetap memegang teguh dan berpikir positif bahwa saya bisa sembuh.

Cara Mengobati Batu Ginjal


Berikut beberapa cara untuk mengobati penyakit batu ginjal yang Anda derita

1. Konsultasi kepada dokter, biasanya Anda akan diberikan jenis obat tertentu yang fungsinya untuk melirihkan batu ginjal agar keluar bersamaan dengan urin. Pemberian obat seperti ini biasanya diberikan kepada penderita yang batu ginjalnya masih berukuran kecil.

2. Menggunakan motede ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy), metode ini dilakukan apabila cara diatas tadi tidak efektif. Cara kerja metode ini yaitu dengan memecah batu ginjal yang ada pada tubuh menjadi ukuran kecil-kecil agar bisa dikeluarkan melalui urin. Dengan metode ini, Anda tidak perlu melakukan operasi dan waktu penyembuhannyapun terbilang singkat. Tapi ya mungkin biaya yang dibutuhkan relatif besar.

3. Dengan Operasi, jika kedua metode diatas tidak berhasil, cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan operasi. Operasi dilakukan untuk mengambil batu ginjal yang ukurannya terlalu besar dan tidak bisa dihancurkan menggunakan metode ESWL tadi.


Nah itu tadi beberapa cara yang bisa Anda ambil untuk menghilangkan penyakit batu ginjal dari tubuh Anda. Kunci utama dari semua metode diatas adalah dengan disertai doa kepada Allah dan selalu yakin bahwa diri Anda bisa sembuh dari penyakit tersebut. Sekian artikel dari saya, semoga membantu dan semoga lekas sembuh bagi Anda yang mungkin sedang menderita penyakit batu ginjal ini. Terima Kasih.
Load disqus comments

0 comments