Pengertian Akulturasi dan Bentuk-bentuk Akulturasi

KitaPunya.net, Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi tentang Pengertian Akulturasi dan Bentuk-bentuk Akulturasi. Sebelumnya dalam hubungan antar kebudayaan sudah dibahas juga tentang proses difusi, simak dalam artikel yang berjudul : Pengertian dan bentuk bentuk difusi.

Akulturasi adalah salah satu proses dalam wujud hubungan antar kebudayaan. Dan berikut kami jelaskan tentang definisi dari akulturasi, beserta dengan bentuk-bentuknya.

Budaya
Budaya

A. Pengertian Akulturasi

Definisinya adalah suatu proses perubahan yang mana didalamnya terjadi penggabungan (penyatuan) kebudayaan yang satu sama lain memiliki perbedaan, sehingga unsur kebudayaan asing (dari luar) itu lama kelamaan akan diterima serta diolah ke dalam kebudayaan sendiri tanpa membuat hilangnya kebudayaan yang kita miliki.

Akuluturasi tidak berlangsung dalam waktu yang singkat, melainkan dalam masa yang lama. Penyebabnya adalah karena yang akan menerima (menyerap) kebudayaan dari luar dengan selektif dan hati-hati. Sehingga tidak semua unsur kebudayaan dapat diserap, ada yang ditolak dan juga ada yang diterima.

Sehingga proses perubahan kebudayaan melalui mekanisme akulturasi ini masih memperhatikan unsur unsur kebudayaan yang asli (sebelumnya).

Adanya kontak sosial dan komunikasi antara dua kelompok masyarakat yang mempunyai kebudayaan yang berbeba beda adalah syarat utama terjadinya Akulturasi.

B. Faktor yang menyebabkan unsur budaya asing dapat diterima

1. Tidak terdapat hambatan geografis (isolasi geografis)
2. Adanya manfaat yang lebih besar pada kebudayaan asing
3. Terdapat persamaan dengan kebudayaan yang lama
4. Terdapat persamaan pengetahuan dan keterampila, sehingga mudah dalam beradaptasi
5. Kebudayaan tersebut mempunyai sifat kebendaan

C. Faktor yang menyebabkan unsur budaya asing sulit untuk diterima

1. Unsur unsur kebudayaan tersebut bersifat abstrak
2. Kebudayaan tersebut hanya memiliki manfaat yang kecil
3. Unsur unsur kebudayaan sulit untuk disesuaikan
4. Terdapat unsur budaya yang saling bersebarangan/bertentangan

D. Bentuk-bentuk Akulturasi

Akulturasi terdapat beberapa bentuk, antara lain substtusi, sinkretisme, adisi dan dekulturasi. Lalu apa pengertian dari ketiga bentuk akulturasi yang telah saya sebutkan diatas? Berikut ini adalah ulasannya :

1. Substitusi
Substitusi kunci utamanya adalah penggantian. Substitusi adalah suatu bentuk proses perubahan kebudayaan yang termasuk dalam alkulturasi yang mana unsur kebudayaan yang lama diganti dengan unsur budaya yang baru yang memberikan nilai lebih untuk para penggunanya.
2. Sinkretisme
Sinkretisme adalah perubahan budaya yang termasuk dalam proses aklturasi yang mana unsur budaya yang lama bercampur dengan unsur budaya yang baru sehingga membentuk sistem yang baru.
3. Adisi
Adisi adalah perubahan proses budaya yang termasuk dalam proses alkulturasi yang mana unsur budaya lama yang masih berfungsi ditambah dengan unsur budaya yang baru sehingga akan memberikan nilai lebih pada kebudayaan tersebut.
4. Dekulturasi
adalalh unsur budaya yang telah lama hlang karena diganti dengan unsur budaya yang bariu.
5. Originasi
Originasi adalah masuknya kebudayaan yang baru yang mana sebelumnya masyarakat belum mengenalnya sehingga terjadi perubahan yang besar
6. Penolakan
Adalah penolakan dari sebagian anggota masyarakat yang tidak siap dan tidak menyetujui proses alkulturasi

Load disqus comments

0 comments