Keunggulan dan Kelemahan Intranet

Kitapunya.net kali ini akan memberikan anda informasi tentang keunggulan intranet dan kelemahan intranet. Intranet berbeda dengan internet, kalau internet merupakan kepanjangan dari interconnected networking. Internet jauh lebih luas dari intranet, selebihnya tentang pengertian internet.

Intranet adalah jaringan informasi internal suatu perusahaan atau organisasi. Intranet dapat juga dikatakan sebagai bentuk privat dari internet. Perangkat yang digunakan untuk intranet ini hampir sama dengan yang digunakan pada internet, meliputi HTTP dan FTP. Tidak semua orang dapat mengakses ini, hanya orang yang tergabung dalam perusahaan/organisasi tersebutlah yang dapat mengakses layanan ini.

Dan berikut ini kami sampaikan tentang keunggulan inranet beserta kelemahannya. Semoga dapat bermanfaat.
Keunggulan dan Kelemahan Intranet
Keunggulan dan Kelemahan Intranet

A. Keunggulan Intranet

Intranet mempunyai beberapa keuntungan dan kelebihan diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Produktifitas kerja
Dengan adanya intranet maka dapat membantu pengguna dalam menemukan informasi secara tepat dan cepat, aplikasi yang sesuai dan database yang dibutuhkan.

2. Efisiensi waktu
Dengan intranet maka pengerjaan menjadi lebih cepat, terutama apabila pekerjaan tersebut membutuhkan informasi dari luar. Informasi dapat diakses lebih cepat sesuai yang diperluka ketika itu juga.

3. Komunikasi
Setiap karyawan dapat berkomunikasi satu sama lain, dan tentunya itu lebih efisien, aman dan privacy karena hanya karyawan yang ada diperusahaan tersebut yang mengetahui. Terlebih lagi ketika ada informasi dari pimpinan perusahaan, maka semua karyawan dapat mengetahi dengan cepat.

4. Sistem publikasi suatu web
Intranet juga akan membuat kita lebih mudah dalam mengakses data data perusahaan/organisasi, sehingga pekerjaan akan lebih cepat dan efisien.

5. Efektifitas biaya
Dengan Intranet maka pengguna intranet tidak perlu melakukan print dokumen dan menyimpannya, ia hanya perlu membuka dokumen tersebut di komputer yang terhubung dengan jaringan suatu tersebut. Sehingga lebih mudah, cepat dan tidak takut hilang terlebih lagi lebih hemat karena tidak perlu mengeluarkan biaya percetakan.

6. Keseragaman informasi
Dengan intranet maka informasi yang diperoleh setiap karyawan atau anggota akan sama, karena informasi dari atasan akan masuk ke setiap pengguna secara langsung,

7. Meningkatkan kerja sama
Intranet dapat meningkatkan kerja sama, hal ini dikarenakan informasi terbaru dari pusat akan diketahui secara bersamaan. Sehingga satu sama lain akan menyiapkan masing-masing, dan bekerja sama sesuai dengan intruksi.

B. Kelemahan Intranet

Selain mempunyai keunggulan seperti yang saya sebutkan diatas, intranet juga memiliki kelemahan diantaranya sebagai berikut :
1. Diperlukan pelatihan khusus untuk para pengguna intranet
2. Apabila tidak diatur/dikontrol dapat terjadi kelebihan data (overload)
3. Diperlukan tenaga yang sudah ahli atau berpengalaman dibidangnya untuk membangun, mengembangkan intranet di organisasi atau perusahaan tersebut
4. Informasi yang salah dapat mempengaruhi efektifitas dan kinerja pengguna intranet didalam perusahaan tersebut.

Load disqus comments

0 comments