Fungsi Pers Menurut Mochtar Lubis

Fungsi Pers Menurut Mochtar Lubis - Pada kesempatan sebelumnya kita sudah membahas tentang fungsi pers menurut Kusman Hidayat, yang mana pada artikel kemarin terdapat 4 fungsi Pers yang dikemukakan oleh Beliau, diantaranya adalah fungsi pendidik, fungsi penghubung, fungsi pembentuk pendapat umum, dan fungsi kontrol. 

Fungsi Pers menurut Mochtar Lubis juga tidak jauh berbeda dengan pendapat Kusman Hidayat, hanya saja menurut beliau fungsi pers ada lima. Apa sajakah fungsi-fungsi pers tersebut, berikut kami sebutkan dan jelaskan secara singkat.

Fungsi PERS menurut Mochtar Lubis

Fungsi Pers
Fungsi Pers

1. Fungsi pemersatu
Menurut Mochtar Lubis Pers dapat berfungsi sebagai pemersatu, tentunya pemersatu bangsa. Dengan adanya pers maka akan memperkuat persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia. Pers berfungsi juga sebagai alat untuk memperlemah kecenderungan perpecahan (mencegah perpecahan).

2. Fungsi pendidik
Fungsi pers sebagai pendidik juga terdapat pada UU. No 40 tahun 1999 tentang Pers, selain itu juga Bapak Kusman Hidayat juga mengemukakan bahwa salah satu fungsi pers adalah sebagai pendidik. Itu artinya pers dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat seperti menambah ilmu pengetahuan dan ilmu teknologi, dengan begitu kecerdasan dan pengetahuan tentang IPTEK mereka akan meningkat dan kesejahteraan mereka juga akan meningkat.

3. Fungsi "public watch dog" atau penjaga kepentingan umum
Fungsi pers menurut mochtar lubis yang ketiga adalah penjaga kepentingan umum. Maksudnya adalah pers dapat berfungsi untuk melawan setiap penyalahgunaan kekuasaan, seperti korupsi, suap menyuap, pemerintahan yang otoriter, kebijakan pemerintah yang tidak sesuai dengan kepentingan rakyat dan lain sebagainya.

4. Fungsi menghapuskan mitos dan mistik dari kehidupan politik negara-negara berkembang

5, Fungsi sebagai forum
Fungsi pers yang kelima menurut Mochtar Lubis adalah sebagai forum yang berguna untuk membicarakan masalah-masalah yang berkaitan dengan politik yang dihadapi oleh negara negara Asia. Dengan adanya pers ini diharapkan dapat terjadi dialog atau musyawarah sehingga masalah-masalah tersebut dapat terselesaikan bersama. 

Load disqus comments

0 comments