Faktor Pendorong dan Penghambat Asimilasi

KitaPunya.net, Informasi kali ini yaitu tentang faktor pendorong dan penghambat asimilasi pada hubungan antar kebudayaan. Salah satu proses dalam wujud hubungan antar kebudayaan adalah asimilasi. Selain asimilasi masih terdapat difusi dan juga akulturasi yang kedua-duanya sudah dibahas pada artikel sebelumnya. Sebelum kita membahas tentang faktor pendukung beserta faktor penghambatnya, tidak ada salahnya kita ketahui dulu pengertian atau definisi dari asimilasi. Apa sih itu asimilasi? Berikut penjelasannya :

Pengertian Asimilasi

Faktor Pendorong dan Penghambat Asimilasi
Faktor Pendorong dan Penghambat Asimilasi

Asimilasi adalah suatu proses perubahan kebudayaan secara total, akibat dari bercampurnya dua kebudayaan atau lebih sehingga ciri ciri dari kebudayaan yang asli sulit untuk diketahui bahkan tidak terlihat lagi. Masing masing kebudayaan bergabung menjadi satu sehingga menjadi kebudayaan campuran. Sebagai contoh adalah perkawinan antara laki-laki dan wanita, maka pada saat mereka melangsungkan pernikahan kebudayaan yang mereka pakai terkadang dicampur, yaitu kebudayaan di daerah si pengatin pria dan kebudayaan di daerah pengantin wanita.

Faktor pendorong asimilasi

Terdapat beberapa faktor pendorong asimilasi, dan berikut ini adalah faktor faktornya :
1. Masing masing pendukung kebudayaan terdapat perbedaan, sehingga mereka saling melengkapi dan saling membutuhkan
2. Sikap saling menghargai antar orang dengan kebudayaannya masing-masing, saling mengakui kelemahan-kelemahan dan kelebihan-kelebihannya akan mendekatkan masyarakat yang menjadi pendukung kebudayaan-kebudayaan tersebut.
3. Sikap terbuka antar golongan di dalam masyarakat sehingga membuat semakin cepatnya proses dari asimilasi
4. Timbulnya perkawinan campuran atau amalgamasi, ini adalah faktor yang menguntungkan bagi jalannya proses asimilasi
5. Masing masing kebudayaan mempunyai kesamaan dalam hal unsur-unsur kebudayaan, sehingga membuat masing masing masyarakat mempunyai kedekatan yang akan berdampak pada cepatnya proses asimilasi kebudayaan.

Faktor penghambat asimilasi

1.Adanya rasa takut  terhadap kebudayaan lain yang umumnya terjadi di antara masyarakat yang merasa rendah atau inferior dalam menghadapi kebudayaan luar yang lebih tinggi (superior).
2. Kurangnya pengetahuan kebudayaan yang menyebabkan sikap toleransi dan simpati yang kurang berkembang antara suku dan lainnya. 
3. Perasaan superioritas yang besar pada masing masing individu dari satu kebudayaan terhadap kebudayaan yang lainnya
4. Kurangnya atau tidak adanya kebebasan untuk bergaul dengan masyarakat luar akibat terisolasinya kehidupan suatu golongan tertentu yang ada pada masyarakat
5. Adanya suatu perasaan yang kuat sekali bahwa individu terikat pada kelompok dan kebudayaan keompok yang bersangkutan
Load disqus comments

0 comments