Faktor faktor Pendukung Globalisasi

Faktor faktor Pendukung Globalisasi - Pada kesempatan sebelumnya kita sudah membahas tentang Pengertian globalisasi baik secara umum maupun menurut para ahli. Definisi dari globalisasi secara umum adalah suatu proses yang menuju tatanan masyarakat yang mendunia yang menyangkut semua bidang kehidupan sehingga antar negara seolah-olah tidak mengenal batas wilayah lagi. Nah, faktor faktor yang membuat berkembangnya globalisasi ini ada banyak, apa sajakah faktor faktor pendorong penyebab meningkatnya globalisasi, berikut ini kami sebutkan.

Globalisasi
Globalisasi


1. Berkembang pesatnya teknologi komunikasi
Faktor pendukung pesatnya globalisasi yang pertama adalah berkembangnya teknologi komunikasi. Teknologi membuat ruang dan waktu seakan akan semakin sempit. Hampir setiap rumah, kantor, setiap orang mempunyai tv, handphone, komputer, atau laptop yang dapat terhubung ke internet. Sehingga akan memudahkan untuk berkomunikasi dengan orang lain dengan jarak jauh, bahkan dapat berkomunikasi dengan orang orang yang ada di luar negeri. Mudahnya dalam berkomunikasi ini dapat mempengaruhi dalam berbagai aspek kehidup.

2. Adanya integrasi ekonomi di dunia
Kegiatan perekonomian dunia semakin terintegrasi yang mengarah pada produk informasi atau perekonomian berbasis pengetahuan yang daya kerjanya melalui jaringan-jaringan yang melintasi batas-batas negara. Dunia ini seolah-olah menjadi satu pasar untuk semua kegiatan ekonomi dan produk dari semua negara.

Kedua faktor tersebut adalah faktor utama yang mendukung globalisasi, sementara masih terdapat beberapa faktor lagi yaitu :
3. Rasionalisasi
4. Efisiensi dan produktivitas
5. Keberanian bersaing, bertanggung jawab dan keberanian menanggung resiko
6. Senantiasa meningkatkan pengetahuan
7. Patuh pada hukum
8. Kemandirian
9. Kemampuan melihat ke depan
10. Keterbukaan
11. Etos kerja

Globalisasi dapat terjadi melalui beberapa saluran yaitu 

  • Melalui lembaga pendidikan dan ilmu pengetahuan
  • Melalui lembaga keagamaan
  • Melalui indutri internasional dan lembaga perdagangan
  • Melalui wisata mancanegara
  • Melalui saluran komunikasi dan telekomunikasi internasional
  • Melalui lembaga internasional yang mengatur peraturan internasional; dan
  • Melalui lembaga kenegaraan seperti hubungan diplomatik dan konsuler
Load disqus comments

0 comments