Dampak Positif dan Dampak Negatif Internet

Kitapunya.net, Internet mempunyai dampak positif dan dampak negatif. Internet mempunyai beberapa manfaat bagi kehidupan, beberapa contoh manfaat dari internet antara lain sebagai media komunikasi yang cepat dan mudah, sebagai tempat berwirausaha (Online shop dll), sebagai media informasi dan berita, sebagai media edukasi dan masih banyak lagi manfaatnya.


Internet atau interconnected networking selain memiliki manfaat yang banyak, juga memiliki dampak negatifnya. Semakin hari pengguna internet semakin banyak, hal ini disebabkan oleh pesatnya perkembangan teknologi. Dengan banyaknya pengguna internet tersebut sudah menandakan bahwa internet itu disukai dan banyak manfaat atau dampak positifnya. Nah, agar lebih jelas tentang kedua dampak tersebut perhatikan artikel berikut ini.


Dampak positif internet

Internet
Internet

1. Komunikasi semakin cepat dan mudah
Kalau jaman dulu komunikasi dengan orang yang jauh dari kita masih menggunakan surat via kantor post, tapi seiring perkembangan jaman komunikasi semacam itu mulai ditinggalkan dan beralih komunikasi yang lebih cepat yaitu melalui hp, baik itu sms ataupun telepon. Namun komunikasi pakai sms dan telepon sangat terbatas, seperti tidak bisa kirim gambar atau yang lain. 


Berbeda dengan komunikasi lewat internet, kita bisa kirim-kiriman gambar/video dan masih banyak lagi. Komunikasi dengan internet juga lebih cepat dan mudah. Komunikasi melalui internet dapat melalui e-mail, sosial media, blog/website dan lain sebagainya. 



2. Bisa digunakan untuk berbisnis
Di era yang sekarang ini sedang trend belanja online, dan itu adalah bisnis bagi mereka yang menjual produk secara online. Selain bisnis melalui online shop, masih terdapat banyak sekali jenis jenis bisnis di internet.


3. Informasi semakin mudah dan cepat didapat
Dengan internet kita bisa mendapatkan informasi atau berita terbaru dengan cepat dan mudah, informasi apapun bisa kita dapatkan dari internet baik itu berita di dalam negeri atau di manca negara.


4. Mudah mendapatkan informasi global
Seperti nom0r 3, internet dapat dijadikan sebagai sumber informasi. Tidak hanya informasi dalam negeri saja tetapi informasi atau berita dari seluruh dunia.


5. Menghibur
Internet selain sebagai sumber informasi, ternyata bisa juga dijadikan sebagai hiburan untuk kita. Kalau anda merasa senang dengan internet, itu artinya anda merasa terhibur dengan adanya internet..


6. Media pembelajaran/edukasi
Di internet banyak sekali konten konten tentang edukasi, dan ini sangat berguna dan bermanfaat bagi mereka para pelajar. Mereka dapat dengan mudah menemukan materi pelajaran yang mereka pelajari di sekolah.


7. Promosi

Kalau anda memiliki usaha anda bisa mempromosikan barang atau jasa kepada para pengguna internet.


8. Dan masih banyak lagi


Dampak negatif internet

Internet selain mempunyai dampak positif yang banyak, juga memiliki dampak negatif yang tidak sedikit pula. Apa sajakah dampak negatif dari internet? Berikut ini point point nya :

1. Menyebarnya p0rno grafi
P0rnografi sudah menyebarluas di internet dan bebas diakses oleh siapapun. Termasuk anak yang dibawah umurpun bisa mengaksesnya. Dampar negatif dari konten ini sangat banyak seperti rusaknya moral anak, meningkatnya kejahatan s3ksual dan lain sebagainya.

2. Penipuan
Di internet juga rawan sekali terjadi penipuan. Untuk itu berhati-hatilah kalau di internet. Jangan sampai anda menjadi korban penipuan.

3. Masuknya budaya asing yang negatif
Kalau kita tidak mempunyai filter yang baik, maka budaya asing tersebut dapat masuk ke negara kita. Karena dengan internet kita dapat melihat kebudayaan mereka, dan bisa jadi kita ikut ikutan budaya mereka. Ikuti budaya mereka yang baik, dan tinggalkan budaya mereka yang buruk.

4. Kecanduan
Internet memang dapat membuat orang menjadi kecanduan, dan ini sebenarnya ada dua sisi. Sisi positif kalau kecanduannya itu baik, misalnya kecanduan belajar melalui internet. Sisi negatifnya bila kecanduang menggunakan internet untuk hal hal negatif.

5. Mengurangi sifat sosial
Internet dapat membuat orang jarang berinteraksi sosial dengan saudara atau masyarakat sekitar. Karena orang yang kecanduan internet biasanya mereka menghabiskan waktu mereka dengan gadget, laptop atau komputer untuk berselancar di internet. Coba bayangkan zaman dulu sebelum ada gadget dengan sekarang yang setiap orang memiliki gadget, apa bedanya ketika mereka berkumpul? Kalau sekarang mungkin sibuk sendiri kali ya dengan gadget yang mereka miliki.


6. Dan lain lain
Load disqus comments

0 comments