Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di bidang Sosial Budaya

KitaPunya.net, Kali ini kami akan membahas tentang dampak positif dan juga dampak negatif globalisasi di bidang sosial budaya. Globalisai akan berdampak di berbagai bidang, dari bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya. Karena sebelumnya kami telah membahas tentang dampak globalisasi di bidang politik, maka selanjutkan akan kami bahas tentang dampaknya di bidang sosial budaya.

Kebudayaan dapat diartikan sebagai nilai-nilai yang dianut olah masyarakat. Globalisasi dalam aspek sosial budaya dapat berarti suatu fenomena tersebarnya nilai nilai dan bdaya tertentu ke seluruh dunia sehingga menjadi budaya dunia atau world culture. Perkembangan globalisasi budaya semakin intensiv seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi yang memungkinkan antar bangsa lebih mudah dilakukan.

Globalisasi
Globalisasi

Berikut ini adalah ciri ciri dari berkembangnya globalisasi budaya :
  1. Berkembangnya pertukaran kebudayaan internasional
  2. Penyebaran prinsip multikebudayaan (multi culturalisme)
  3. Kemudahan akses budaya
  4. Berkembangnya turisme dan kegiatan pariwisata
  5. Semakin banyaknya imigrasi
  6. Berkembangnya mode skala global
  7. Bertambah banyaknya event event berkala global

Globalisasi memungkinkan suatu negara meniru budaya asing dalam segala bentuknya baik secara selektif atau tidak. Globalisasi budaya dapat menyebabkan hal hal sebagai berikut : (Dampak negatif globalisasi)

1. Guncangan budaya (cultural shock)

2. Guncangan budaya akan terjadi jika masyarakat tidak siap menerima kenyataan terjadinya perubahan-perubahan dan masuknya tata nilai baru akibat globalisasi sehingga masyarakat mengalami frustasi dan mengalami disorientasi

3. Kebingungan budaya (anomie)

4. Masyarakat mengalami kebingungan untuk memilih nilai dan norma sosial budaya mana yang paling cocok diterima dan diterapkan sebagai akibat arus globalisasi

5. Ketimpangan budaya (cultural lag)
Ketidaksamaan cara pandang dan sikap masyarakat terhadap pengaruh globalisasi, ada yang menerima dan ada juga yang menolaknya, menyebabkan terjadinya ketimpangan budaya dalam masyarakat, yang dapat memicu konflik bahkan sampai ke perpecahan.

Globalisasi budaya secara umum tidak dapat dihindarkan bahkan masyarakat sudah menjadi obyek dari proses tersebut. Disadari atau tidak telah banyak pengaruh globalisasi yang mengubah pola pikir, pola sikap bahkan perilaku masyarakat baik ke arah positif maupun negatif. Perubahan positif terjadi pada masyarakat yang mampu meniru sikap atau budaya positif bangsa lain seperti :
  1. Etos kerja yang tinggi
  2. Profesionalitas kerja
  3. Sikap disiplin
  4. Keinginan untuk melakukan perubahan ke arah kemajuan (Inovatf)
  5. Peningkatan budaya membaca dan penguasaan iptek

Apabila pengaruh positif tersebut dapat diterapkan oleh suatu negara maka globalisasi budaya akan dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat. Tetapi kalau justru pengaruh negatifnya lebih mendominasi kehidupan masyarakat, maka suatu bangsa justru akan menjadi korban globalisasi dan dapat kehilangan ciri khas budayanya.

Baca juga : Dampak globalisasi di bidang politik

Jadi di bidang Sosial budaya, globalisasi mempunyai dampak positif yaitu :
  • Solidaritas sosial yang tinggi antar bangsa diberbagai negara
  • Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat
  • Meningkatnya turisme dan keiatan pariwisaata
  • Masuknya budaya asing ke Indonesia yang dapat menambah kekayaan khasanan budaya bangsa
Dan dampak negatif globalisasi di bidang sosial budaya adalah :
  • Sikap dan perilaku serta lifestyle (gaya hidup) yang meniru budaya orang-orang barat, yang sebenarnya kurang sesuai dengan noma yang berlaku di masyarakat.
  • Menipisnya sikap sontan satun dan tata krama karena adanya pengaruh dari budaya barat
  • Perilaku konsumtif, individualis dan materialistis menjadi budaya
  • Semakin hilangnya apresiasi terhadap nilai nilai budaya lokal yang akan mengakibatkan sikap hidup seperti individualisme, paragmatisme, hedonisme, permisif, konsumerisme, budaya dan seni daerah yang mulai dilupakan dan ditinggalkan
  • Semakin hilangnya nilai nila keagaamaan
  • Rusaknya moral masyarakat karena budaya barat yang kurang sesuai dengan norma kita, contoh s3ks bebas
  • Menyebarluasnya p0rnografi yang dapat merusak moral anak bangsa

Load disqus comments

0 comments