Dampak Negatif Penerapan Bioteknologi.

Empat Dampak Negatif Penerapan BioteknologiBioteknologi terutama rekayasa Genetik, pada awalnya diaharpkan dapat menjelasakan berbagai macam persoalan di dunia. Seperti Polusi, Penyakit, Pertanian dan lain lain. Untuk mengetahui lebih tentang bioteknologi, bisa membaca artikel berikut ini : Pengertian bioteknologi

Semakin hari ilmu pengetahuan semakin bertambah. kini manusia bisa menggabungkan DNA mahkluk hidup lain dengan Mahkluk hidup yang berbeda. Semua hal itu pasti ada dampak negatifnya, contoh saja Penerapan Bioteknologi. Bioteknologi sendiri mempunyai banyak dampak negatif. antara lain Penyakit, Dampak negatif pada Pertanian, dan lain lain.
Dampak Dari Bioteknologi antara Lain:
  1. Dampak Terhadap Lingkungan
  2. Dampak Terhadap Kesehatan
  3. Dampak di Bidang Sosial Ekonomi
  4. Dampat terhadap Etika
Dampak dampak diatas tentu saja akan merugikan bagi penggunannya maupun korbanya. Dan dampak dampak diatas juga bukan dampak negatif yang sepele, bahkan bisa menimbulkan masalah baru lainnya.

Dampak negatif penerapan bioteknologi
Dampak negatif penerapan bioteknologi
Apa saja dampak dampaknya??, berikut ini adalah dampak dampak negatif dari penerapan bioteknologi.

Dampak negatif penerapan bioteknologi terhadap lingkungan


Dengan adanya percobaan Bioteknologi, pelepasan Organisme transgenik (Berubah Secara Genetik) ke alam bebas dapat menimbulkan dampak pencemaran Biologi yang dapat menimbulkan dampak berupa pencemaran biologi yang dapat lebih berbahaya ketimbang Nuklir.

Dengan adanya Rekayasa Genetik, perubahan genotipe tidak sesuai dengan dinamika polusi, melainkan menurut kebutuhan pelaku dari Bioteknologi. Itu akan menyebabkan perubahan atau kehancuran Menciptakan makhluk hidup yang seragam bertentangan dengan prinsip biologi yaitu keanekragaman. Jika itu terjadi pastinya dunia hewan akan kacau jika Bioteknologi tidak terkendali.

Dampak negatif penerapan bioteknologi Terhadap Etika


menyisipkan gen makhluk hidup lain memberikan dampak etika yang berbahaya. menyisipkan gen makhluk hidup lain yang tidak berkerabat dianggap melanggar hukum alam. Banyak orang yang sudah menentang adanya Penggabungan antara 2 gen. Bagi penganut agama Islam, itu akan membuat orang islam menjadi bingung, bagaimana tidak bingun. jikalau Gen babi digabungkan dengan Gen buah yang halal, itu akan menimbulkan masalah baru. apalagi penggabungan antara 2 hewan, contoh gen 1 Hewan Harimau dan Gen 2 Kambing. itu akan membuat makhluk hidup itu terasa Konyol.

Dampak negatif penerapan bioteknologi di bidang kesehatan


Produk rekayasa di bidang kesehatan dapat juga menimbulkan dampak negatif dari Bioteknologi. Ini bahkan menjadi masalah yang serius bagi Para Ilmuwan. Contohnya saja adalah penggunaan insulin hasil rekayasa telah menyebabkan 31 orang meninggal di inggris. Tomat hasil Bioteknologi adalah Tomat Flavr Savrt diketahui mengandung gen resisten terhadap anti biotik. tidak itu juga jika kita terkena penyakit dari dampak  Bioteknologi, para dokter pun tidak mengetahui Obatnya.



Dampak negatif penerapan bioteknologi di Bidang Ekonomi:



Penggunaan Bioteknologi tidak juga berdampak Kesehatan dan Etika, tapi masih dampak yang serius juga, contohnya saja dampak dalam bidang Ekonomi. Contohnya saja Berdampak bagi Peternak Kecil. penggunaan hormon pertumbuhan sapi dapat meningkatkan produksi susu sampai 20% ini akan mengakibatkan tergusurnya peternak kecil. Hal itu akan mengakibatkan kesenjangan ekonomi. dan setelah itu terjadi, pastinya ada tinda tindak kriminal lainnya. seperti Pencurian untuk memenuhi kebutuhan tiap harinya.

Dampak dampak diatas merupakan suatu masalah yang serius bagi para masyarakat dan para ilmuwan, pasalnya masalah masalah diatas bukan masalah yang sepele. Seharusnya kita mengetahui terlebih dahulu tentang masalah dari Bioteknologi, Hal ini dapat meminimalisir terjadinya dampak dampak negatif di atas. Jika sudah begini siapa yang rugi?? jika generasi muda kita tidak bisa menikmati dari Hewan yang asli?? yaa makanya kita harus bisa mengendalikan adanya Bioteknologi ini.
Load disqus comments

0 comments