Apa itu prosa dan apa saja bentuk-bentuk prosa

Apa itu prosa dan apa saja bentuk-bentuk prosa? - Salah satu materi yang kita pelajari di sekolah adalah apresiasi sastra, di mana di blog kitapunya.net ini sebelumnya telah dibahas tentang pengertian dan fungsi sastra. Definisi dari sastra adalah segala tulisan ataupun karangan yang mana didalanya terkandung banyak nilai kebaikan dan ditulis dengan bahasa yang indah.

Ada beberapa macam sastra, yaitu ada puisi, prosa dan drama. Sebelumnya juga sudah kita bahas tentang macam-macam puisi lama. Oke oke, sekarang kita kembali ke pembahasan kita pada kesempatan kali ini yaitu tentang definisi dari prosa dan bentuk-bentuk dari prosa.

Sebelum membahas tentang prosa, ni gue kasih foto cewek cantik biar makin seger, ha ha.

Apa itu prosa
Apa itu prosa = cewek cantik

Apa itu prosa?

Pengertian dari prosa adalah salah satu bentuk sastra yang menggunakan bahasa bebas dan panjang, tidak terikat oleh iraa, rima atau kemerduan bunyi. Jadi prosa itu sangat berbeda dengan puisi.

Apa saja bentuk-bentuk prosa?

1. Mite
Bentuk prosa yang pertama adalah mite, mite yaitu cerita yang dianggap benar-benar terjadi dan disucikan, misalnya mengenal kehidupan dewa, roh-roh halus, yang berkaitan dengan kepercayaan masyarakat itu.

2. Legenda
Bentuk prosa yang kedua adalah legenda. Legenda adalah salah satu bentuk prosa yang didalamnya berisi cerita asal usul yang menceritakan atau mengisahkan suatu peristiwa, sejarah atau kejadian tertentu. Misal saja legenda tangkuban perahu, cerita rorojonggrang.

3. Dongeng
Bentuk prosa yang ketiga adalah dongeng. Mungkin bentuk prosa yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Dongeng adalah salah satu bentuk prosa yang lahir berdasarkan khayalan semata. Itu artinya, dongeng bukan merupakan kisah nyata melainkan hanya fiktif. Contoh saja misal dongeng putri salju, si kancil dan lain sebagainya.

4. Hikayat
Bentuk prosa yang keempat adalah hikayat. Definisi dari hikayat adalah suatu kisah manusia dalam pengertian yang sebenarnya. Hikayat ini merupakan bentuk prosa yang banyak menceritakan tentang kehidupan di istana, kebearan raja-raja, peperangan, dan kepahlawanan. Misalkan saja Hikayat Raja Kalbar, Hikayat melayu dan lain sebagainya.

5. Novel
Bentuk prosa yang kelima adalah novel. Definisi dari novel adalah salah satu bentuk prosa yang cerita sangat panjang dan mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang-orang di sekelilingnya, dengan menonjolkan watak dari sifat pelaku. Contoh dari novel ini adalah : Siti Nurbaya, Azab dan Sengsara dan contoh contoh novel lainnya.

6. Cerpen
Bentuk prosa yang kenam adalah cerpen. Definisi dari cerpen adalah karangan pendek yang berbentuk naratif, mengisahkan sepenggal kehidupan manusia yang penuh permasalahan, mengharukan, dan mengandung kesan yang tidak mudah untuk dilupakan.

Nah, mungkin hanya itu saja pengertian dan bentuk-bentuk dari prosa, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih.

Load disqus comments

0 comments