Alat Ekskresi Pada Manusia dan Fungsinya

Kitapunya.net, Kali ini kami akan share tentang Alat Ekskresi Pada Manusia dan Fungsinya. Ciri ciri dari makhluk hidup salah satunya adalah Ekskresi. Nah, semua mahkluk hidup pastinya mempunyai alat yang digunakan untuk mengeluarkan zat zat yang tidak penting. Mahkluk hidup pastinya mempunyai alat ekskresi. Alat ekskresi sangatlah penting dalam kehidupan, Bayangkan saja jika kita tidak memiliki alat ekskresi, apa yang terjadi dengan tubuh kita??.
Berikut ini adalah alat ekskresi pada manusia.

A. Ginjal - Alat eksresi pada manusia

Ginjal merupakan salah satu dari alat ekskresi pada manusia. Ginjal berfungsi sebagai alat atau organ yang menyaring darah. darah yang telah disaring oleh ginjal, akan dikeluarkan dalam bentuk urine. Pada saat disaring, didalam darah masih ada zat zat yang penting bagi tubuh. dan ginjal menyaring darah dari zat zat yang penting, dan zat yang tidak penting akan dibuang dalam bentuk urine.

Ginjal yang dibelah secara membujur akan memperliatkan bagian bagian korteks yang merupakan lapisan luar, medula (sumsum ginjal) dan pelvis. Didalam Korteks terdapat jutaan nefron atau penyaring. Setia Nefron terdapat Kapsula Bowman dan Glomerulus.

Ginjal Manusia
Ginjal Manusia

Glomerulus adalah anyaman pembuluh kapiler. kapsula bowman memiliki bentuk yang hampir sama dengan mangkuk, kapsula bowman ini mengelilingi glomerulus. Dan tubulus kontortus terdiri dari 3, yang pertama tubulus kontortus proksimal, yang kedua adalah tubulus kontortus distal, dan yang terakhir yaitu tubulus kontortus kolektivus.

Baca lebih lanjut : Pengertian Ginjal, Fungsi dan Anatomi Ginjal 

B. Hati - Alat eksresi pada manusia

Hati merupakan organ ekskresi karena menghasilkan empedu yang mengandung zat sisa dari perombakan eritrosit di dalam limpa. Hati mempunyai berat normal sekitar 2 kg Hati bukan hanya berfungsi untuk alat ekskresi saja, tapi hati juga berfungsi untuk menawar racun racun. Berikut ini adalah bagian bagian dari hati pada manusia :

Hati pada manusia
Hati pada manusia
Hati juga berfungsi sebagai memakan antigen dan mikrooganisme. Fungsi hati selain menawarkan racun, tapi hati juga berfungsi membuang zat zat berbahaya seperti Kolesterol. Hati mengeluarkan getah empedu dan disimpan di kandung empedu. Getah empedu sendiri mengandung garam empedu dan zat warna. maka dari itu hati disebut sebagai alat ekskresi.


C. Paru Paru - Alat eksresi pada manusia

Paru paru organ yang sangat pentin oleh makhluk hidup yang hidup di darat. Mengapa paru paru disebut organ ekskresi? yaa karena paru paru mengeluarkan CO2 dan uap air. Oksigen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup, masuk kedalam pembuluh darah yang ada di aveolus. Bagian bagian dari paru paru dapat anda lihat pada gambar dibawah ini :

Paru paru pada manusia
Paru paru pada manusia
Fungsi paru paru bukan hanya sebagai organ ekskresi saja, tapi paru paru juga memiliki fungsi sebagai organ atau alat pernapasan manusia. Sebenarnya paru paru digunakan untuk alat pernapasan. akan tetapi karena paru paru mengeluarkan zat zat yang sisa, makanya paru paru disebut alat ekskresi.


D. Kulit - Alat eksresi pada manusia

Kulit merupakan salah satu organ ekskresi. kulit disesbut alat ekskresi karena kulit akan mengeluarkan keringat dan kelenjar Minyak. Keringat keluar dikarenakan adanya hormon, dan lain lain. Fungsi kulit yang lainnya sebagai alat perangsang,

Kulit pada manusia
Kulit pada manusia
Pengatur suhu tubuh, dan lain lain. Keringat yang keluar mengandung Asam Urat, Amonia dan NaCI. dan keringat sendiri berfungsi sebagai alat pengatur suhu tubuh. jika kelenjar keringat beruguna untuk membasahi kulit agar tetap lembab. Kulit juga berfungsi sebagai pelindung bagi tubuh dari keadaan sekitar. Kulit sangatlah penting bagi makhluk hidup, karena kulit mempunyai banyak fungsi dan kegunaanya.
Penjelasan diatas merupakan penjelasan tentang alat ekskresi dan fungsi dari ekskresi tersebut. Makhluk hidup sangatlah bergantung pada organ ini. Jika organ ini tidak ada, Ciri ciri makhluk hidup tidaklah terpenuhi. Karena salah satu ciri ciri mahkluk hidup adalah ekskresi. Seharusnya kita bersyukur karena kita diciptakan selalu sempurna. 
Load disqus comments

0 comments