Alat Alat Indra Pada Manusia dan Fungsinya

Alat Alat Indra Pada Manusia - Manusia merupakan makhluk hidup yang paling sempurna. Kesempurnaan ini bisa anda lihat dengan adanya Alat Indra. Alat Indra ini digunakan untuk merasakan perasaan di luar badan. contohnya saja kulit, Kulit adalah Alat indra yang melindungi Tubuh dari keadaan luar. Kulit sendiri berfungsi untuk melindungi kita dari Kuman, dan lain lain. yaa maka dari itu manusia adalah makhluk hidup yang paling Sempurna, kita seharusnya patut bersyukur dengan kesempurnaan ini. Berikut ini adalah Alat Alat indra pada Manusia.

Artikel yang lebih lengkap disini : Sistem Indra pada Manusia

Mata - Alat Indra Pada Manusia

Mata - alat indra pada manusia
Mata - alat indra pada manusia

Mata merupakan alat indra yang sangat penting dalam kehidupan. Mata merupakan organ yang peka terhadap rangsangan Cahaya. Mata dilindungi oleh alis mata. alis mata digunakan untuk melindungi mata dari keringat yang ada di dahi kita. Selain Alis mata, Kelopak Mata dan Kelenjar Air mata juga sangat berfungsi dalam melindungi mata. Kelenjar air mata digunakan untuk melidungi mata dari masuknya benda benda asing dan digunakan untuk membasahi bola mata.

Telinga - Alat Indra Pada Manusia

Telinga sendiri teridiri atas tiga bagian. yaitu bagian luar, bagian tengah, dan bagian dalam. Bagian luar terdiri dari daun telinga, liang telinga, Gendang telinga (Membran Timpani). Gendang telinga adalah sebagai penghubung antara telinga bagian luar dengan bagian tengah. Bagian tengah telinga terdiri dari tulang martil, tulang landasan, dan tulang saggurdi. Bagian dalam telinga terdiri dari Koklea (Rumah Siput) dan saluran setengah lingkaran. Telinga bukan hanya digunakan untuk mendengar saja, tapi telinga juga digunakan untuk alat keseimbangan. hal ini terletak di saluran setengah lingkaran.

Kulit - Alat Indra Pada Manusia

Kulit berfungsi sebagai alat indra peraba. bukan hanya peraba, kulit juga digunakan untuk melindungi tubuh kita dari keadaan luar tubuh. Contohnya saja Suhu dan Bakteri Dan Tekanan. Di kulit, terdapat bulu bulu yang halus. Bulu bulu ini berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh. Jika Bulu bulu Kulit itu berdiri, tandanya suhu di sekitar terasa dingin. Di kulit juga terdapat kelenjar keringat, dan Kelenjar Minyak. Fungsi dari Kulit bukan hanya melindungi tubuh dari keadaan sekitar, tetapi kulit juga berfungsi untuk alat ekskresi. Kulit mengeluarkan cairan, cairan tersebut adalah kelenjar minyak dan kelenjar keringat.

Hidung - Alat Indra Pada Manusia

Hidung berfungsi sebagai alat indra pencium. Di dalam Hidung, terdapat bulu bulu halus, bulu bulu halus ini berfungsi sebagai alat penyaring. Setelah disaring oleh bulu bulu hidung, selanjutnya udara akan disaring kembali oleh tenggorokan. Di tenggorokan terjadi penyaringan dari sisa sisa udara yang telah disaring di Hidung. Setelah disaring di tenggorokan, udara akan masuk ke bronkus, Bronkulius, dan selanjutnya penukaran gas yang terjadi di aveolus. Hidung bukan hanya digunakan untuk indra pencium, tapi juga hidung digunakan untuk alat pernapasan. Hidung juga berfungsi sebagai alat yang membantu lidah. Coba bayangkan anda memakan makanan, dan itu rasanya sangat mengenakan di lidah, Jikalau hidung anda mengalami gangguan, itu akan membuat makanan anda menjadi tidak nikmat.

Lidah - Alat Indra Pada Manusia

Lidah adalah alat Indra Pengecap. Lidah peka terhadap rangsang rasa karena mengandung banyak kuncup pengecap yang terletak di celah celah lidah. Ada 4 Kuncup pengecap di lidah. Bagian ujung lidah peka terhadap  rasa manis dan Asin. Bagian belakang lidah peka terhadap rasa Pahit. Tepi lidah bagian dalam peka terhadap rasa Asam. Lidah bukan hanya berfungsi sebagai alat pengecap, tapi lidah juga berfungsi sebagai Alat yang membantu berbicara.

Artikel yang lebih lengkap disini : Sistem Indra pada Manusia

Sekian dari saya terima kasih.

Load disqus comments

0 comments