Yuk ! Makan 4 jenis makanan ini agar jantung kita sehat

Yuk ! Makan 4 makanan ini agar jantung kita sehat - Salah satu penyebab kematian terbesar di dunia adalah penyakit jantung, penyakit jantung memang tidak mengenal jenis kelamin. Tetapi kebanyakan orang yang mengalami penyakit jantung adalah laki-laki. Nah, bagi anda baik perempuan atau laki-laki mempunyai resiko terkena penyakit jantung, maka dari itu kitapunya.net akan memberikan beberapa makanan yang sangat berguna bagi kesehatan jantung.

Pada dasarnya untuk mendapatkan jantung yang sehat adalah dengan membiasakan pola hidup sehat, selain jantung yang sehat, kita juga akan mendapatkan keuntungan-keuntungan yang lainnya seperti peradarah darah lancar, tidak mudah terserang penyakit dan lain sebagainya.

Salah satu penerapan pola hidup sehat adalah dengan makan makanan yang bergizi dan terjamin kualitasnya. Dan berikut ini kami sebutkan 5 makanan yang berguna untuk jantung kita agar selalu sehat :

1.  Konsumsi makanan yang banyak seratnya

Jenis makanan yang pertama agar jantung selalu sehat adalah dengan mengkonsumsi makanan yang berserat. Serat ini dapat anda temui di makanan seperti biji-bijian, sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan. Makanan yang kaya serat dapat membuat nafsu makan terkontrol, gula darah dan kolestrol terkontrol, peradangan bisa dihindari dan memperlambat penuaan.

Nah, yang perlu diperhatikan adalah cara mengkonsomsinya, mengkonsumsi satu jenis makanan yang berserat saja tidak direkomendasikan, terutama bila mengkonsumsi biji-bijian. Menurut beberapa studi bahwa mengkonsumsi biji-bijian terlalu banyak atau terlalu sering tidak baik untuk kesehatan. Para dokter menyarankan untuk memenuhi kebutuhan serat sehari-hari dapat mengkonsumsi 3 mangkuk sayuran, 2 macam buah (misal 1 mangkuk apel, 1 mangkuk jeruk), 2 genggam kacang-kacangan, setengan sampai satu mangkuk biji-bijian.

2. Konsumsi lemak sehat

Daripada makan mnakanan yang rendah lemak untuk sehat, mending mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat. Lemak sehat ini dapat anda temui di makanan-makanan laut (sea food), minyak zaitun dan kacang-kacangan. Menurut penelitian, bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat seperti yang saya sebutkan diatas, dapat menguragi risiko terkena serangan jantung dan stroke. Bagi anda yang diet tidak usah takut mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat ini, karena tidak menambah berat badan, asalkan dikonsumsi dalam jumlah normal.

3. Mengkonsumsi protein bersih

Protein dapat dibagi menjadi dua, protein jahat dan protein bersih. Protein jahat terdapat pada daging yang berlemak, susu yang dipenuhi oleh hormon dan pestisida. Jadi usahakan hindari makanan yang mengandung protein jahat. 

Sea Food
Sea Food
Berbeda dengan protein bersih yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, untuk mendapatkan protein bersih anda bisa makan seafood seperti salmon, kerang dll. Kalau hewan unggas, bisa juga tetapi pilihlah yang organik atau menggunakan pakan alami. 

4. Banyak minum air

Hampir semua bagian tubuh kita mengandung air, itulah mengapa kita sangat membutuhkan air untuk proses metabolisme dalam tubuh. Untuk sehat anda dianjurkan untuk minum setidaknya 8 gelas per hari. Banyak minum ternyata dapat membuat jantung kita lebih sehat.

Load disqus comments

0 comments