Wah, ternyata teh kulit salak bisa cegah diabetes

Kitapunya.net, Wah, ternyata teh kulit salak bisa cegah diabetes  – Sejumlah lima orang mahasiswa dari Fakultas Pertanian Universitsa Brawijaya berhasil membuat teh dari kulit salak. 5 Orang tersebut diantaranya adalah Agus T, Rahayu M, Audisty O, Saraswati D. dan Wildan N. Mereka menamai minuman teh yang terbuat dari bahan dasar kulit salak ini dengan Liklak Tea.

Mereka mengatakan bahwa didalam kulit salak terkandung beberapa senyawa yang berguna untuk mencegah diabetes, senyawa tersebut adalah feralic acid, cinnamic acid dan juga arigini. Mereka melanjutkan bahwa kulit salak selain berguna untuk mencegah terjadinya diabetes, juga dapat membantu proses penyembuhan diabetes, baik itu diabetes tipe satu atau diabetes tipe 2.

Kelima mahasiswa pertanian tersebut menuturkan bahwa mereka perlu berpikir keras untuk membuat teh dari kulit salak ini, tidak mudah memang membuat suatu produk yang mempunyai banyak manfaat dan nilai guna. Mereka juga harus berpikir keras bagaimana caranya agar ketiga senyawa yang terkandung didalam kulit salak tersebut tidak hilang ketika proses produksi. Sehingga kulit salak yang sudah menjadi teh, masih mempunyai ketiga senyawa yang berguna bagi penderita diabetes atau orang yang ingin mencegah terkenda diabetes.

Manfaat kulit buah salak
Manfaat kulit buah salak
 

Awalmulanya, salah satu dari mereka yaitu Agus mencoba merebus kulit salak. Ia mengatakan bahwa dengan merebus kulit salak, maka air hasil rebusan mirip dengan teh. Sejak saat itulah agus terinsipirasi untuk membuat teh dari bahan dasar kulit salak.

Mereka menuturkan bahwa untuk sekarang ini kami belum dapat memproduksi dalam jumlah yang besar, dalam sehari kami hanya mampu membuat sekitar 12 cup Litlak Tea. Semoga saja kami bisa mengembangkan produk ini sampai dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, lebih-lebih terbang kemanca negara.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, dua kilogram buah salak akan didapat kulit sekitar 1/2 kilogram. Kulit tersebut kemudian dibersihkan sampai bersih, dan direbus dengan air sebanya 3,5 liter sampai air mendidih. Jadilah Litlak Tea sebanya 12 cup dengan isi 300 mili.

Mereka menjualnya dengan harga yang sangat terjangku, yaitu hanya Rp 4.5000 / cup. Terdapat dua pilihan rasa yang bisa anda nikmati, yaitu rasa original dan rasa coklat. Bagi anda penderita diabetes sangat disarankan minum teh kulit salak yang rasa original, karena untuk rasa coklat mengandung gula yang mungkin kurang cocok bagi penderita diabetes.
Load disqus comments

0 comments