Sering mengunyah permen karet? Ini bahayanya

Sering mengunyah permen karet? Ini bahayanya - Permen karet merupakan salah satu permen yang paling populer dikalangan masyarakat, terutama anak-anak kecil. Yang dewasapun sebenarnya juga sudah tahu tentang permen karet ini, karena kami yakin dulu mereka juga pernah mengunyah permen karet. Walaupun ada beberapa manfaat yang akan kita dapat ketika mengunyah permen karet, ternyata mengunyah permen karet juga ada efek buruknya. Yuk, baca dulu : manfaat mengunyah permen karet.

Masih penasaran dengan bahayanya mengunyah permen karet, oke berikut kitapunya.net merangkumnya dalam 4 bahayanya mengunyah permen karet.

1. Merusak gigi - bahaya mengunyah permen karet

Permen karet mengandung pemanis atau gula untuk memberikan rasa manis, ketika kita mengunyah permen karet maka gula yang terkandung didalam permen karet tersebut akan tertinggal di dalam rongga mulut dalam waktu yang lama (selama kita mengunyah permen karet), hal ini akan membuat bakteri sangat senang tinggal di mulut kita. Bakteri-bakteri tersebut akan merubah gula menjadi asam yang akan mengurangi jumlah kalsium didalam gigi (email gigi), sehingga kan mempercepat kerusakan pada gigi kita.

Tapi tenang, ada solusinya. Agar tidak merusak gigi anda, pilihlah permen karet yang menggunakan xylitor sebagai pengganti gula, xylitol ini mempunyai rasa dan nilai gizi yang hampir sama dengan gula, namun tidak merusak gigi seperti pada permen karet yang menggunakan gula.

Sering mengunyah permen karet? Ini bahayanya
Sering mengunyah permen karet? Ini bahayanya

2. Merusak tambalan gigi, dan tidak baik untuk otak, susunan syaraf dan ginjal - bahaya permen karet

Bila gigi anda sebelumnya sudah banyak lubangnya, kemudian ditambal. Sebaiknya hindari mengunyah permen karet, karena permen karet dapat merusakan tambalan gigi tersebut. Hal ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan di negara swiss, bahwa permen karet dapat merusakan tambalan gigi terutama apabila tambalan tersebut dibuat dari bahan air raksa.

Mengapa dapat merusakan tambalan yang terbuat dari air raksa? Mengunyah permen karet dalam waktu yang lama akan mengurangi senyawa pada tambalan gigi yang terbuat dari air raksa terseut, sehingga dapat meningkatkan jumlah air raksa yang bereda dalam darah dan air kemih. Sehingga akan mempengaruhi (negatif) kineja otak, susunan syaraf pusat dan ginjal.

3. Mempengaruhi kualitas tidur - bahaya permen karet

Anak yang terlalu sering mengunyah permen karet akan berdampak pada kualitas tidur mereka para anak, anak yang sering mengunyah permen karet mempunyai kecenderungan untuk menggertakkan gigi ketika mereka tidur. Hal ini disebabkan otot-otot mulut dalam keadaan tegang dan kelelahan setelah makan permen karet, sehingga akan berakibat memburuknya kualitas tidur mereka. 

Agar tidak terjadi demikian pada anak, para dokter menyarankan bahwa jangan mengunyah permen karet lebih dari 4 kali sehari dan satu permen karet usahakan waktunya dibawah 15 menit.

4. Wajah segiempat - bahaya mengunyah permen karet

Walaupun belum ada bukti nyata, tetapi bisa jadi pengetahuan saja. Menurut berbagai sumber menyebutkan bahwa dengan mengunyah permen karet akan mebuat otot-otot rahang banyak bergerak, sehingga pertumbuhannya juga semakin cepat. Yang membuat wajah para remaja menjadi kotak (segi empat), he he. Kebayangkan kalau wajah segi empat, itu kardus apa muka?


Selain bahaya yang saya sebutkan diatas, masih terdapat bahaya lainna terutama bila dikunyah oleh anak yang masih kecil (dibawah umur). Kalau sampai tertelan permen karet ini bisa berbahaya, bisa menempel pada usus atau organ pencernaan lainnya. Jadi bagi anda yang mempunyai buah hati, jangan dikasih permen karet ya. Oke, terimakasih (kitapunya.net).

Load disqus comments

0 comments