Pendapat Tentang Kafein Yang Salah

Kitapunya.net, 3 Mitos Tentang Kafein Yang Salah -  Kafein kita kenal sebagai zat yang terdapat pada kopi, selain pada kopi kafein juga dapat kita jumpai pada daun teh, dan biji kakao yang digunakan untuk membuat cokelat. Kafein sudah dikenal sejak zaman dahuu, kafein ini mempunya berbagai manfaat, salah satunya adalah sebagai penghilang rasa sakit, mengurangi despresi, membuat tubuh jreng lagi dan lain sebagainya.

Walaupun terdapat manfaat tersebut, terdapat mitos-mitos yang berkembang dimasyarakat bahwa kopi dapat membuat tulang keropos (osteoporosis). Benarkah begitu?

#Kafein membuat kita sering ke kamar mandi
Kafein memang akan mendorong kita untuk meningkatkan produksi air seni, sehingga bila minum kopi biasanya akan sering buang air kecil. Tapi berdasarkan penelitian, ini hanya terjadi pada orang yang tidak biasa minum kopi. Dan pada orang yang sudah terbiasa minum kopi, maka frekuensi buang air kecil setelah minum kopi tidak sesering orang yang tidak terbiasa minum kopi.

#Kafein membuat tulang keropos atau osteoporosis
Dari berbagai sumber menyebutkan bahwa kandungan kafein pada minumat atau makanan dapat membuat tulang menjadi lemah atau osteoporosi, berdasarkan penelitian yang dilakukan lebih dari 15 tahun menyebutkan, bahwa kafein dalam minuman bersoda tidak ber-efek negatif pada tulang manusial. Dan tulang akan tetap sehat asalkan asupan kalsium orang tersebut terpenuhi.
Pendapat Tentang Kafein Yang Salah
Pendapat Tentang Kafein Yang Salah


#Membuat nyeri pada ulu hati
Sebagian orang ada yang merasa sakit pada ulu hatinya setelah minum kopi, hal ini dikarenakan asam pada lambung meningkat. Akan tetapi anggapan bahwa kafein dapat meningkatkan asam lambung tidaklah 100 % persen benar, pada tahun 2010 dilakukan observasi terhadap minuman berkarbonasi yang mengandung kafein dan tidak, hasilnya tidak ditemukan bukti langsung bahwa minuman berkarbonasi ini tidak meningkatkan asam lambung ke kerongkongan. Tapi ada juga penelitian yang menyebutkan bahwa kafein dapat meningkatkan atau memicu asam lambung.

Cara terbaik adalah dengan belajar dari pengalaman, bila anda sudah pernah mengalami asam lambung setelah minum kopi, sebaiknya hindari minum kopi.

Konsumsi kafein normal pada orang dewasa adalah sebanyak 300 miligram perhari, dan ini setara dengan minum kopi sebanyak 2 - 3 cangkir, atau 5 - 6 kaleng minuman soda dalam kaleng yang didalamnya terdapat kafein.
Load disqus comments

0 comments