Mau tahu apa saja manfaat tidur siang bagi kesehatan? Baca disini

Mau tahu apa saja manfaat tidur siang bagi kesehatan? Baca disini - Tidur bukanlah hal yang asing lagi buat kita, setiap harinya kita pasti tidur karena semua manusia membutuhkan istirahat. Kita tidur umumnya pada malam hari, tetapi ada juga sebagian orang yang tidurnya siang hari. Atau malah malam tidur, siang hari pun tidur. Nah, bagi anda yang sering tidur di siang hari, perlu anda ketahui beberapa manfaat tidur siang berikut ini :

Berdasarkan studi menyatakan bahwa tidur singkat di siang hari akan membuat tubuh kita menjadi lebih segar dan bugar. Tambahan, tidur siang ternyata juga bisa bermanfaat bagi kesehatan jantung. 

Mereka dapat menyimpulkan bahwa tidur siang dapat bermanfaat bagi jantung, karena ternyata tidur siang ini mempunyai efek pada tekanan darah seorang manusia.


Mau tahu apa saja manfaat tidur siang bagi kesehatan? Baca disini
Mau tahu apa saja manfaat tidur siang bagi kesehatan? Baca disini

Para ahli menyatakan bahwa orang orang yang tidur siang mempunyai angka bacaan tekanan darah sistolik (angka atas pada rasio tekanan darah) menurun kira-kira 5 %.

Detailnya, mereka yang sering tidur siang mempunyai tekanan darah yang lebih rendah 4 % di siang hari, dan 6 % pada waktu tidur di malam hari.
Ahli jantung dr. Manolis Kallistrato mengatakan walaupun penurunan tekanan darahnya kecil, tetapi dengan penurunan sebesar 2 mmHg saja pada tekanan darah sistolik itu sudah dapat mencegah terjadinya penyakit kardiovaskulas sampai 10 %.
Kemudian ia menambahkan bahwa tidur siang juga akan membuat ukuran pada bagian atrium jantung mengecil, yang mana ini akan memperkecil resiko efek kerusakan tekanan darah tinggi pada jantung dan arteri orang yang sering tidur di siang hari.

Selain bermanfaat untuk jantung kita, tidur siang juga akan meningkatkan konsentrasi seseorang. Dari berbagai penelitian, tidur siang yang paling baik durasinya adalah sekitar 1/2 jam. Kalau tidur siang ber jam-jam maka akan membuat kita sulit tidur di malam harinya.
Load disqus comments

0 comments