Ini yang membuat hari minggu jadi hari libur internasional

Ini yang membuat hari minggu jadi hari libur internasional - Hampir semua negara menjjadikan hari minggu sebagai hari libur, tidak terkecuali di Indonesia ini. Hari minggu atau ahad merupakan hari libur bagi mereka bekerja dikantor, sekolah atau yang lainnya. Walaupun tak sedikit juga yang masuk kerwa walaupun hari minggu. Tahukah anda mengapa kok hari minggu sebagai hari yang umum sebagai hari libur? bukan hari senin, selasa, rabu atau hari-hari lainnya? Berikut www.kitapunya.net sebutkan alasan mengapa hari minggu merupakan hari libur internasional.

Tiap bangsa dan negara mempunyai tradisi yang berbeda-beda, termasuk yang berkaitan dengan hari libur ini. Bangsa arab misalnya, mereka menggunakan hari Jum'at sebagai hari liburnya, karena mereka menganggap hari Jum'at adalah hari yang spesial dan sangat baik bila digunakan untuk beribadah. Beda lagi dengan bangsa Yahudi, kalau bangsa Yahudi menjadikan hari sabtu sebagai hari libur mereka, alasannya juga sama karena hari sabtu adalah hari ibadah kaum yahudi.

Tiap bangsa punya tradisi libur yang berbeda. Bangsa Arab menganggap hari Jum’at adalah hari
untuk Ibadah sehingga bangsa Arab libur. Lain lagi bangsa Yahudi yang menganggap hari sabtu adalah hari ibadah, sehingga mereka libur pada hari Sabtu.

Dan berikut ini alasan mengapa hari minggu jadi hari libur internasional
Ini yang membuat hari minggu jadi hari libur internasional
Ini yang membuat hari minggu jadi hari libur internasional

# Tradisi orang Romawi kuno menjadi penyebab hari minggu sebagai hari libur

Ada yang berpendapat bahwa asal mula hari minggu diliburkan adalah karena sejak dulu dan sudah menjadi tradisi orang Romawi kuno untuk menjadikan hari minggu sebagai hari libur. Pada waktu itu masyarakat Romaqi kuno kebanyakan beragama kristen dan katholik, yang mana hari ibadah mereka adalah hari minggu. Sehingga mereka selalu memberikan tanda warna merah untuk hari minggu dan hari-hari penting lainnya sebagai tanda bahwa hari tersebut adalah hari libur untuk mereka.

Seperti yang tercetak dalam sejarah bahwa pada saat itu orang Romawi menjadi penguasa diantara negara-negara Eropa. Negara-negara besar seperti Belanda, Inggris, Prancis, dan German adalah contoh negara yang pernah dikuasai oleh bangsa Romawi. 

Sehingga kebiasaan menjadikan hari minggu sebagai hari libur, lama kelamaan menular ke negara-negara yang dikuasainya. Sehingga negara yang dikuasai oleh bangsa Romawi ikut-ikutan menjadikan hari minggu sebagai hari libur.

Salah satu negara yang bekas jajahan romawi adalah belanda, sehingga Belanda juga menjadikan hari minggu sebagai hari libur. Kita tahu bahwa Belanda merupakan negara yang menjajah bangsa Indonesia selama lebih dari 3 abad. Pada saat menjajah itulah, negara belanda mentradisikan hari minggu sebagai hari libur di Indonesia.

Baca juga : Yuk, makan 4 jenis makanan ini agar jantung sehat

Sejak itu sampai sekarang, hari minggu masih menjadi hari libur masyarakat Indonesia pada umumnya. Tidak sampai disitu, Pemerintah Indonesia juga menetapkan hari Minggu sebagai hari libur Nasional, kalau kita perhatikan di kalender-kalender yang kita miliki. Hari minggu atau ahad selalu berwarna merah, itu menandakah sekaligus sebagai bukti bahwa hari minggu dijadikan sebagai hari libur nasional.
Load disqus comments

0 comments