Ini cara rahasia tidur nyenyak versi ilmuwan Indonesia

Ini Cara rahasia tidur nyenyak versi ilmuwan Indonesia – Tidur merupakan kebutuhan setiap manusia di dunia ini, tidur merupakan salah satu cara untuk mengistirahatkan tubuh kita setelah beraktivitas seharian. Namun, ada sebagian dari kita yang mengalami kesulitan untuk tidur, sulit tidur biasa dikaitkan dengan Insomia.

Ada juga orang yang baru tidur sebentar, kemudian bangun tiba-tiba. Itu menandakan bahwa orang tersebut tidurnya tidak pulas. Tidur pulas sangat berguna bagi kita setelah bangun tidur nanti, tidur pulas menandakan bahwa tidurnya tersebut berkualitas. Bila tidak pulas biasanya orang akan mengantuk di pagi harinya. Lalu bagaimana caranya agar dapat tidur pulas?

Beberapa bulan yang lalu seorang yang ahli ilmu saraf asal Indonesia menemukan rahasia agar tidur pulas. Ilmuwan yang sekarang mengaja dan meneliti di University Of California tersebut bernama Taruna.

Baca juga : Makanan yang membuat jantung kita sehat

Ia mengatakan bahwa kualitas tidur seseorang sangat dipengaruhi oleh keseimbangan hormon didalam tubuh kita, terutama kada melanin-concentrating homone (MCH). Ia dan teman-temannya menggunakan tikus yang telah direkayasa genetiknya sebagai eksperimen untuk menemukan rahasia tidur pulas.

Mereka merekaya tikus dan membuat label protein khusus pada masing-masing tikus, ZsGreen 1 Rluorescent Protein pada ujung sel saraf penerima rangsang yang mengandung H3R (Histamine Reseptor Nomor 3).

ZsGreen1 Fluorescent Protein merupakan protein yang berwarna hijau yang dapat mereka kerja sel saraf yang berguna dalam aktivitas terkait senyawa histamin. Sedangkan H3R merupakan ujung dari sel saraf yang berfungsi untuk menerima rangsanggat untuk tidur.

Setelah itu tikus kemudian dimasukin hormon MCH. Kemudian tikus akan diamati menggunakan laser Photostimulation, dengan elektroda yang telah dipasang di otak maka aktivitas dari sel saraf dapat dipantau secara langsung.

Dari penelitian dihasilkan bahwa tikus yang diinduksi dengan MCH dan dikasih histamin semacam H3R memperlihatkan aktivitas lebih rendah, atau dapat dikatakan tikus lebih mudah tertidur dan kondisinya kurang aktif apabila dibandingkan dengan tikus yang normal atau tanpa diinduksi dengan MCH.

Setelah itu, mereka dapat menyimpulkan bahwa rahasia agar tidur lebih nyenyak adalah dengan menjaga keseimbangan hormon yang ada di dalam tubuh kita. Khususnya hormon MCH tadi, selain menjaga hormon tersebut juga menjaga kadar senyawa histamin. Kemudian mereka melanjutkan bahwa kualitas tidur sangat dipengaruhi oleh keseimbangan hormon, selain itu juga keseimbangan hormon juga menjadi salah satu penentu kualitas hidup dan kesehatan seseorang.
Ini cara rahasia tidur pulas versi ilmuwan Indonesia
Ini cara rahasia tidur pulas versi ilmuwan Indonesia

Lalu bagaimana caranya menjaga keseimbangan hormon agar tidur pulas?

Agar hormon kita seimbang dapat dilakukan dengan berbagai cara, cara-cara dibawah ini sangatlah mudah untuk dilakukan, apa saja? Berikut kami sebutkan :
  • Makan makanan sehat dan bergizi
  • Menjaga berat badan agar selalu ideal
  • Olahraga rutin
  • Minum air putih yang cukup
Baca juga : Manfaat olahraga lari untuk kesehatan
 
Mereka juga mendapatkan manfaat dari penelitian yang mereka lakukan, salah satunya adalah menemukan solusi baru bagi mereka yang mempunyai masalah pada sulit tidur. Mereka menegaskan bahwa sulit atau gangguan tidur dapat diatasi dengan memberikan obat khusus untuk mempengaruhi reseptor histamin di otak, dengan memberikan induksi seperti ini diharapkan orang yang mengalami masalah pada tidurnya dapat teratasi. Selain itu juga cara ini juga dapat digunakan untuk mencegah dari timbulnya efek kurang istirahat atau kurang tidur.
Load disqus comments

0 comments