Ini cara mencuci tangan dengan benar agar kuman mati

Ini cara mencuci tangan dengan benar agar kuman mati - Tahukah anda bahwa di tangan kita mengandung banyak sekali kuman-kuman jahat yang dapat menyebabkan datangnya penyakit. Berdasarkan peneltian, di tangan kita setidaknya terdapat 4,6 juta kuman. Banyak sekali bukan, jumlah itu akan semakin bertambah kalau kita tidak dapat menjaga kebersihan dan kesehatan.

Bila kita tidak mampu menjaga kebersihan, maka kuman kuman dapat bekembang biak sangat cepat, sehingga akan membuat kita terserang penyakit. Salah satu cara untuk membasmi bakteri di tangan adalah dengan mencucinya dengan sabun, sabun ini biasanya terdapat kandungan anti bakteri yang mampu membunuh bakteri bakteri sumber penyakit.


Lakukan cuci tangan terutama sebelum dan sesudah makan. Tapi sayangnya tidak semua orang melakukan hal ini, kebanyakan orang malah menganggap remeh dan tidak melakukannya sebelum dan sesudah makan. Hasilnya banyak orang yang tidak sadar terserang penyakit, gara gara kurang menjaga kebersihan terutama kebersihan tangan.

Ini cara mencuci tangan dengan benar agar kuman mati
Ini cara mencuci tangan dengan benar agar kuman mati


Dengan mencuci tangan dengan sabun, setidaknya bibit bibit penyakit dapat mati, dan kita terhindar dari penyakit seperti tifus, poolio, diare dan jamur. Walaupun sudah mencuci tangan, tetapi mungkin masih ada bakteri yang ada di tangan. Agar tangan bersih maksimal, perhatikan tips berikut ini agar kuman yang ada di tangan hilang atau mati :

Ini cara mencuci tangan dengan benar agar kuman mati


  1. Mencuci tangan dengan sabun, lebih bagus lagi kalau sabun cair
  2. Mencuci tangan dengan air yang mengalir
  3. Menggosok kedua tangan dari mulai telapak tangan sampai punggung tangan, sela jari dan kuku setidaknya selama 20 detik.
  4. Bersihkan semua bagian tangan, jangan sampai ada yang terlewati
  5. Bilas juga dengan air bersih yang mengalir
  6. Keringkan tangan dengan tisu yang sekali pakai, usahakan jangan gunakan handung karena handuk biasanya lembab dan tidak sekali pakai, sehingga menjadi sarang kuman.


Demikian saja artikel tentang cara membersihkan tangan agar kuman yang bersarang di tangan pada mati, semoga bermanfaat. Bersih itu sehat, dan kebersihan adalah sebagian dari iman. 
Load disqus comments

0 comments