Hadits tentang mendoakan orang yang bersin dan membaca hamdalah

Hadits tentang mendoakan orang yang bersin dan membaca hamdalah - Saya rasa hampir semua orang pasti juga pernah yang namanya bersin, sehabis bersin ada orang yang mengucapkan hamdalah (tahmid) tetapi ada juga yang tidak mengucapkan hamdalah. Yang paling baik adalah mereka yang mengucapkan hamdalah, nah bagi kita sebagai pendengar yang melihat orang bersin kemudia ia mengucapkan hamdalah, kita disunahkan untuk mendoakannya. 

Bagaimanakah cara mendoakan orang yang bersin dan mengucapkan hamdalah? Berikut ini kami berikan hadits yang berhubungan dengan hal ini.

Dari Abu Hurairah ra. dari Nabi saw, beliau bersabda : "Apabila salah seorang di antara kamu sekalian bersin maka hendaklah ia mengucapkan : "Alhamdulillah" (Segala puji bagi Allah), dan hendaklah saudara atau kawannya mengucapkan : "Yarhamukallah" (Semoga Allah mengasihi kamu). Apabila ada seseorang yang mengucakpkan : "Yarhamukallah", maka hendalah orang yang bersin mengucapkan : "Yahdikumullah wa Yushlihbaalakum" (Semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan semoga Allah selalu menunjukan kebaikan kepada hatimu).  H.R. Bukhari

Hadits tentang mendoakan orang yang bersin dan membaca hamdalah
Hadits tentang mendoakan orang yang bersin dan membaca hamdalah

Dari hadits diatas sudah sangat jelas, apabila kita bersin maka kita dianjurkan untuk mengucapkan hamdalah atau Alhamdulillah. Kalau kita mendengan orang yang bersin, kemudian ia mengucapkan hamdalah, maka kita sebagai saudara sesama muslim harus mendoakannya dengan mengucapkan "Yarhamukallah" yang artinya semoga Allah mengasihi kamu.

Bila ada orang lain yang menjawab dengan "Yarhamukallah" ketika kita bersin, maka kita harus mendoakannya balik dengan mengucapkan "Yahdikumullah wa Yushlihbaalakum" yang artinya (Semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan semoga Allah selalu menunjukan kebaikan kepada hatimu). 

Dianjurkan kedua-duanya untuk mengucapkan Aamiin yang artinya semoga Allah mengabulkan. Ketika kita bersin, maka kita disunahkan untuk meletakkan tangan atau sapu tangan di mulut. Hal ini bertujuan agar yang keluar dari mulut tidak sampai menyebar mengenai orang lain. Disamping itu juga, kita disunnahkan untuk merendahkan suara ketika bersin.

Berbeda ketika kita menguap, maka kita disunahkan untuk membaca Istighfar dan menutup mulut kita dengan tangan.
Load disqus comments

0 comments