Ciri ciri Sistem Pemerintahan Presidensial

Ciri ciri sistem pemerintahan presidensial - Sistem pemerintahan merupakan suatu sistem yang menunjukan pembagian kekuasaan dan hubungan antara lembaga-lembaga negara, terutama pembagian kekuasaan antara lembaga eksekutif dan lembaga legislatif  untuk terciptanya tujuan yang hendak dicapai. Ada dua macam sistem pemerintahan yang umum digunakan oleh berbagai negara di dunia ini yaitu sistem pemerintahan presidensial dan sistem pemerintahan parlementer. Pada kesempatan sebelumnya saya sudah membahas definisi dari kedua macam sistem pemerintahan dan agar lebih memahami ciri ciri sistem presidensial, terlebih dahulu baca artikel sebelumnya tentang definisi sistem pemerintahan presidensial, anda dapat membaca artikel yang berjudul : Pengertian sistem pemerintahan presidensial.

Pada artikel tersebut juga sudah saya singgung terkait ciri ciri sistem presidensial seperti kepala negara dan kepala pemerintahan dipegang oleh satu orang yaitu presiden, para menteri bertanggung jawab kepada presiden dan lain sebagainya. Berikut adalah ciri-ciri sistem pemerintahan presidensial :
Ciri ciri Sistem Pemerintahan Presidensial
Ciri ciri Sistem Pemerintahan Presidensial

#. Presiden sebagai kepala negara dan epala pemerintahan - Ciri ciri Sistem Pemerintahan Presidensial

Pada SPP (sistem pemerintahan presidensial) presiden tidak hanya sebagai kepala negara seperti pada sistem parlementer, melainkan juga sebagai kepala pemerintahan. Ini juga yang menjadi salah satu penyebab mengapa pada sistem presidensial ini, eksekutif kedudukannya relatif lebih kuat bila dibandingkan dengan legislatif.

#. Presiden tidak dapat membubarkan parlemen - Ciri ciri sistem pemerintahan presidensial

Pada SP Parlementer seorang raja sebagai kepala negara atas saran kepala pemerintahan (perdana menteri & menteri-menteri) dapat membubarkan parlemen (legislatif). Tetapi pada SP presidensial ini seorang presiden walaupun sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan tidak dapat membubarkan parlemen (legislatif).

#. Presiden dibantu oleh para menteri - Ciri ciri sistem pemerintahan presidensial

Pada SP presidensial ini seorang presiden dibantu oleh para menteri, dan menteri-menteri tersebut langsung dipilih oleh presiden, dan sewaktu-waktu dapat diberhentikan oleh presiden karena presiden memiliki hak prerogratif.

#. Perdana menteri dan menteri-menteri bertanggung jawab kepada presiden - Ciri ciri sistem pemerintahan presidensial

Karena para menteri dipilih oleh presiden, maka mereka juga bertanggung jawab kepada presiden. Hal ini berbeda dengan SP parlementer yang mana perdana menteri dan menteri-menterinya bertanggung jawab kepada parlement.

#. Masa jabatan presiden dan para menteri terbatas - Ciri ciri sistem pemerintahan presidensial

Maksud dari terbatas, adalah bahwa masa jabatan seorang presiden beserta kabinetnya dibatasi sesuai dengan undang-undang. Di Indonesia masa jabatan seorang presiden adalah 5 tahun, dan boleh menjabat 5 tahun lagi kalau terpilih dalam pemilu. Kalau pada SP parlementer seorang raja masa jabatannya seumur hidup.

#. Presiden dipilih oleh rakyat - Ciri ciri sistem pemerintahan presidensial

Di Indonesia dikenal yang namanya pemilu (pemilihan umum) yang salah satunya adalah untuk memilih presiden. Jadi pada SP presidensial, presiden dipilih oleh rakyat, sedangkan pada SP parlementer seorang raja tidak dipilih melainkan berdasarkan keturunan.
Load disqus comments

0 comments