Benarkah begadang dapat meningkatkan berat badan

Benarkah begadang dapat meningkatkan berat badan - "begadang jangan begadang, kalau tiada artinya, begadang boleh saja, asal ada uangnya" he he. Itu mungkin sedikit lirik lagu begadang yang dinyanyikan oleh Rhoma Irama sang raja dangdut Indonesia.  Dari berbagai sumber menyebutkan bahwa begadang dapat meningkatkan berat badan, benarkah begitu? Berikut kitapunya.net membahasnya tentang efek dari begadang.

Saya yakin semua yang baca artikel ini sudah mengetahui tentang definisi dari bagadang. Sehingga tidak perlu saya share lagi mengenai pengertiannya.

Dari hasil berbagai penelitian menyebutkan bahwa begadang mempunyai dampak negatif  yang lumayan banyak, salah satunnya adalah memiliki kecenderungan untuk mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak. Tentu saja bila ini dibiarkan dan berlangsung dalam waktu yang lama akan membuat berat badan seseorang meningkat.

Studi tersebut melibatkan 34 orang yang sering begadang atau kurang tidur. Mreka ditempatkan di laboratorium selama 5 hari 4 malam, dan para peneliti mengawasi dan mengamatinya sepanjang hari untuk mengetahui apa yang mereka makan.

Benarkah begadang dapat meningkatkan berat badan
Benarkah begadang dapat meningkatkan berat badan


Setelah itu para peneliti menyimpulkan bahwa para partisipan tersebut makan hingga 1000 kalori di malam hari ketika mereka tidak tidur, sedangkan disiang harinya ia makan makanan dengan jumlah yang sama ketika mereka begadang dimalam hari. Pada intinya semakin lama anda begadang, semakin panjang pula rasa lapar menghantui anda.

Tidak hanya sampai disitu saja, para peneliti juga menemukan bahwa orang yang begadang lebih cenderung memilih makanan yang banyak kalorik dari lemak dan lebih sedikit kalori yang berasal dari karbohidrat.

Baca juga : Pakai rok selutut wanita, ini dilarang naik pesawat

Dengan hasil studi tersebut, dapat kita ambil kesimpulan bahwa begadang akan membuat berat badan naik. Para ahli berpendapat bahwa orang yang mengkonsumsi kalori dimalam hari dalam jumlah banyak, berat badannya akan naik. Dan sulit tidur atau begadang akan membuat anda ingin makan dimalam hari.
Load disqus comments

0 comments