Apa itu artikel? Sebutkan macam macamnya

Apa itu artikel? Sebutkan macam macam dan contoh artikel - Seringkali kita mendengar kata "artikel", kalau dalam bahasa inggris disebut dengan article, clause. Definisi dari artikel adalah suatu karangan yang bersifat faktual yang dapat berbentuk deskripsi, narasi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi, serta umumnya artikel dibuat untuk dipublikasikan dengan tujuan menyampaikan gagasan/ide dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur pembaca. Artikel dapat dipublikasikan melalui berbagai macam media, mulai dari koran, majalah, buletin, website, sosial media, internet dan lain sebagainya.

Seseorang atau individu yang menulis atau mengarang tulisan tersebut dinamakan penulis artikel. Seperti yang saya sebutkan dalam pengertian artikel diatas, bahwa artikel ini dapat berbentuk beberapa macam, yaitu :
Apa itu artikel?
Apa itu artikel?

1. Artikel deskripsi

Adalah suatu artikel yang bertujuan untuk mendiskripsikan/menggambarkan sesuatu hal bisa benda/orang/keadaan/tempat dll yang mana seolah-olah pembaca melihat, mendengar dan merasakan seperti yang telah dideskripsikan. Deskripsi dapat dibagi menjadi dua, yaitu deskripsi yang isinya adalah fakta/real, dan deskripsi yang isinya fiksi/tidak nyata, contoh artikel deskripsi dapat anda temukan di berbagai media, sebagai contoh adalah deskripsi tentang sekolah.

Contoh : Sekolah adalah tempat dimana para siswa belajar, selain belajar di sekolah juga diajarkan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat anak. dst.

Contoh tema deskripsi fakta antara lain : Pantai parangtritis yang indah, semua tentang komputer, handphone dll.

Contoh tema deskripsi fiktif antara lain : Penjelasan sosok bawang merah dalam cerita, deskripsi tentang raksasa dalam cerita. dll.

2. Apa itu artikel naras

Setelah membahas apa itu artikel deskripsi, selanjutnya adalah artikel narai. Artikel narasi adalah suatu tulisan yang menceritakan suatu peristiwa atau kejadian dalam satu kurun waktu. Narasi dapat juga berisi fakta dan fiksi. Contoh narasi fakta antara lain : biografi, kisah pengalaman seseorang, kisah sukses seseorang. Sedangkan contoh narasi yang berisi fiktif adalah : novel, cepern cergam, dll.

3. Apa itu artikel eksposisi

Artikel eksposisi adalah suatu tulisan atau karangn yang isinya berupa penjelasan tentang suatu topik dengan tujuan memberi informasi atau pengetahuan tambahan bagi yang membaca. Eksposisi dapat berupa penjelasan seperti fungsi, bagian dan kegunaan suatu konsep.

Contoh judul artikel tentang eksposisi antara lain : Manfaat kegiatan ekstrakurikuler Peranan majalah dinding di sekolah Sekolah kejuruan sebagai penghasil tenaga terampil. Eksposisi terkadang juga berisi menjelaskan tentang langkah-langkah melakukan atau membuat suatu hal, seperti cara membuat juz mangga, cara mengendarai sepeda motor dan lain sebagainya.

4. Apa itu artikel argumentasi

Artikel argumentasi adalah suatu jenis artikel yang mempunyai tujuan untuk membuktikan kebenaran suatu pendapat/kesimpulan dengan data/fakta sebagai alasannya. Dapat juga dikatakan sebagai suatu artikel yang berisi kritik atau saran menurut pendapat/opini si penulis yang tentunya berdasarkan fakta/data-data yang ada.

5. Apa itu artikel persuasi

Artikel persuasi adalah suatu jenis artikel yang bertujuan untuk membujuk (persuade) atau mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu hal. Contoh judul atau tema artikel persuasi antara lain, Yuk makan sehat, agar tubuh sehat. Beli smarphone murah ini. dll.
Load disqus comments

0 comments