7 Kebiasaan buruk yang dapat merusak jantung

7 Kebiasaan buruk yang dapat merusak jantung - Salah satu penyakit yang menyebabkan kematian terbanyak adalah serangan jantung. Ada beberapa penyebab utama seseorang menderita sakit jantung, salah satunya adalah pola hidup yang tidak sehat. Pola hidup yang tidak sehat sangat berkaitan dengan kebiasaan sehari-hari. Dan berikut ini kitapunya.net akan share mengenai 10 kebiasan buruk yang dapat merusak buruk.

7 Kebiasaan buruk yang dapat merusak jantung
7 Kebiasaan buruk yang dapat merusak jantung

1. Menforsir tenaga
Kebiasaan buruk yang dapat merusak jantung yang pertama adalah menforsir tenaga, ini bisa merusak jantung karena sama saja memaksakan kerja jantung. Usahakan jangan menforsir tenaga, bila sudah lelah sebaiknya istirahat terlebih dahulu. Agar bisa lebih kuat, lakukan olahraga rutin maka anda akan dapat bekerja lebih keras dan kuat lagi.

2. Minuman beralkoh0l
Kalau ingin jantung anda sehat maka sebaiknya hindari minum minuman yang mengandung alkoh0l. Hal ini dikarenakan minuman yang satu ini dapat membuat tekanan darah anda meningkat drastis, dan berisiko mengalami gagal jantung. Selain itu juga, minuman yang tergolong minuman haram ini dapat menurunkan berat badan.

3. Banyak makan dan jarang olahraga
Bila anda ingin jantung anda sehat, hindari juga makanan dalam jumlah yang sangat banyak. Makan yang banyak bisa menyebabkan anda kegemukan atau obesitas, yang mana orang yang mengalami obesitaes resiko terkena penyakit jantung lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang ideal. Makanlah dalam porsi yang cukup, usahakan pilih makanan yang rendah lemak, kaya kalori dan kurangi juga minuman yang banyak mengandung gula (manis).

Banyak makan boleh asalkan makanannya sehat semua, serta disertai dengan olahraga yang rutin agar tubuh kita menjadi lebih fit dan sehat.

4. Terlalu banyak makan daging merah
Hindari makan daging merah dalam porsi yang berlebihan, daging merah ini umumnya mengandung banyak lemak yang kurang bagus untuk kesehatan jantung anda. Selain itu juga, daging merah yang dikonsumsi secara berlebihan akan membuat gangguan kardivaskular dan usu besar. 

5. Merok0k
Sudah tidak asing lagi dengan kebiasaan ini, di kemasannya pun juga sudah ada peringatan bahwa kebiasaan yang satu ini dapat menyebabkan seseorang terkenan serangan jantung. Berdasarkan penelitian didapat bahwa asap yang dihirup dapat membuat penyumbatan pada arteri sehingga kan membuat sirkulasi darah menjadi tidak lancar.

6. Jarang makan buah dan sayuran
Tubuh kita membutuhkan nutrisi dan gizi yang sangat banyak, yang mana semua itu dapat kita penuhi dengan makan buah dan sayur. Tetapi apa jadinya jika seseorang tidak makan buah dan sayur? Tentu kesehatannya akan terganggu, terutama apabila tidak dipenuhi kebutuhan gizi dan nutrisinya. Berdasarkan riset, dengan mengkonsumsi buah dan sayur dapat mengurangi risiko sakit jantung dan stroke.

7. Suka makan cemilan yang asin
Sudah menjadi kebiasaan setiap orang untuk memakan cemilan, terutama wanita. Namun, sebaiknya bila adan ada riwayat sakit hipertensi hindari makanan atau cemilan yang asin asin. Makanan asin dapat meningkatkan tekanan darah anda, itu berarti serangan jantung juga akan semakin mengancam anda. 


Nah, agar kita bisa terhindar dari penyakit serangan jantung. Minimal kita kurangi kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan penyakit jantung, lebih baik kita biasakan pola hidup sehat agar tubuh kita ini sehat selalu.
Load disqus comments

0 comments