Yang Baik Menurut Kita Belum Tentu Baik Menurut Allah swt

Yang Baik Menurut Kita Belum Tentu Baik Menurut Allah swt - Allah swt melarang kita untuk berperasangka buruk atau suudzon kepada sesama, suudzon kepada sesama saja tidak diperbolehkan apalagi berperasangka buruk kepada Allah swt. Maka dari itu kita harus selalu berperasangka baik (khusnudzon) kepada Allah swt. Berperasangka baik kepada Allah harus menjadi kebiasaan kita dikehidupan kita sehari-hari, termasuk ketika kita sedang diuji dengan suatu masalah. Kita harus yakin bahwa masalah tersebut akan mendatangkan kebaikan yang berlipat ganda. Kita juga harus yakin bahwa apa yang telah ditakdirkan kepada kita, merupakan yang paling terbaik untuk kita. Jadi terima dengan ikhlas dan syukuri.

Dalam Al-Qur'an Allah swt telah berfirman dalam Q.S. Al Baqarah ayat 216 yang artinya :

2:216. Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.

Dalam ayat ini menjelaskan bahwa semuat umat Islam wajib berperang dalam rangka membela agama Allah (berjihad), namun ada sebagian umat Islam yang tidak suka berperang, yang kemudian Allah swt menurunkan ayat ini. Allah swt berfirman dalam ayat tersebut bahwa, yang kita sukai belum tentu baik, bisa jadi itu malah buruk buat kita. Dan yang kita benci belum tentu tidak baik, bisa jadi itu malah baik bagi kita.

Yang Baik Menurut Kita Belum Tentu Baik Menurut Allah swt

Ketika kita mendapatkan suatu permasalahan seperti motor mogok sebelum anda berangkat kerja, apa yang sebaiknya kita lakukan? 
  1. Marah-marah dan berperasangkan buruk dengan Allah swt (Misal : Allah tidak suka dengan saya, masak motor saya dibuat mogok.)
  2. Ngambek
  3. Motor dibuang
  4. Bunuh diri
  5. Menerima dengan ikhlas dan mencari solusi yang terbaik serta berperasangkan baik kepada Allah swt
Kalau ditanya pasti semua akan menjawab dengan jawaban yang ke lima, yaitu menerima dengan ikhlas dan mencari solusi yang terbaik. Pada kejadian seperti ini kita perlu untuk berperasangka baik kepada Allah swt. Dengan berperasangka baik kepada Allah swt kita hati akan menjadi lebih tenang, karena sudah percaya bahwa semua yang terjadi adalah kehendak Allah swt dan itu merupakan yang terbaik buat kita.

Siapa tahu Allah swt membuat motor kita mogok sebelum berangkat kerja, agar kita lebih mudah mencari solusi. Daripada mogok ketika berada dijalan. Kalau mogok sebelum berangkat kerja dan masih dirumah, masih bisa meminjam motor tetangga, atau bersepeda, tetapi kalau mogoknya dijalan kita harus repot-repot mencari bengkel atau kita perbaiki sendiri tu motor.

Jadi Allah swt memberikan kepada hambanya yang terbaik, dan memberikan apa yang dibutuhkan oleh hambanya, bukan yang diinginkan. Kalau yang diinginkan, pasti semua orang mempunyai keinginan yang sangat banyak bahkan tak terbatas, kalau itu sudah terpenuhi pasti ingin tambah ini itu. Itu memang sudah menjadi kodrat manusia, bahwa manusia mempunyai sifat tidak pernah merasa puas.

Tetapi kalau Allah swt memberikan apa yang kita butuhkan, Allah swt adalah Tuhan Yang Maha Mengetahui, Allah swt tahu apapun yang terjadi didunia ini, Allah tahu setiap daun yang gugur dari pohonnya. Allah tahu apa yang akan terjadi di masa datang. Allah tahu kapan terjadi kiamat nanti? Sedangkan kita manusia? Kita tidak tahu apa-apa bila dibandingkan dengan Allah swt, kita tidak tahu apa yang akan terjadi esok hari, bahkan kita tidak tahu apayang akan terjadi satu detik yang akan datang. Siapa yang berani menjamin anda masih hidup satu jam yang akan datang, pasti tidak ada. Sunggu hanya Allah swt Yang Mengetahu segala sesuatu yang terjadi dimuka bumi ini. 

Yang Baik Menurut Kita Belum Tentu Baik Menurut Allah swt
Yang Baik Menurut Kita Belum Tentu Baik Menurut Allah swt

Dalam hadit nabi, Sesungguhnya Allah swt berkata "Aku sesuai prasangka hamba-Ku pada-Ku, dan Aku barsamanya apabila memohon kepada-Ku". HR. Muslim.

So, marilah kita untuk selalu berperasangka baik kepada Allah swt. Terima dengan ikhlas apa yang Allah swt takdirkan kepada kita dan jangan lupa untuk selalu bersyukur kepada-Nya, yakinlah bahwa  itu adalah yang terbaik buat kita. Berpikirlah positif maka anda akan lebih mudah sukses, daripada mereka yang selalu berpikir negatif.
Load disqus comments

0 comments